Tips “Seks” Untuk Pria Yang Lebih Tua

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan ketika Anda bertambah tua?

Minat seks tidak hanya bagi kaum muda, banyak orang tua yang terus menikmati seksualitas mereka, bahkan hingga usia 80. Berhubungan seks pada usia tua memang tidak sama dengan waktu Anda masih muda, namun bukan berarti orang tua tidak bisa mendapatkan kenikmatan seksual. Kehidupan seks yang sehat tidak hanya bermanfaat untuk kepuasan seksual, tetapi juga baik untuk aspek-aspek lain, misalnya kesehatan fisik Anda dan kepercayaan diri.

Perubahan Pada Pria Yang Semakin Tua

Dengan bertambahnya usia pria, kadar testosteron menurun dan terjadi perubahan fungsi seksual yang umum. Perubahan fisiologis yang terjadi antara lain :

  • Membutuhkan stimulasi atau rangsangan lebih dari biasanya untuk mencapai dan mempertahankan ereksi dan orgasme.
  • Orgasme Shorter, ejakulasi dini.
  • Ejakulasi kurang kuat dan kurang air mani saat ejakulasi.
  • Waktu yang lebih lama untuk mencapai ereksi setelah ejakulasi sebelumnya.

Mungkin Anda akan merasa cemas atau gelisah dengan masalah seksual yang Anda alami. Namun bertambahnya usia tidak selalu mengakhiri kenikmatan seksual Anda. Beradaptasi dengan perubahan fisiologis Anda dapat membantu mempertahankan kehidupan seks yang sehat dan memuaskan. Sebagai contoh, Anda mungkin perlu menyesuaikan rutinitas seksual Anda atau menambah stimuasi saat berhubungan seksual. Komunikasi dengan pasangan Anda sangat penting.

Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan berdampak besar pada kehidupan seks Anda. Jika Anda atau pasangan Anda memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung atau arthitis, hubungan seks akan sulit dilakukan. Pernah menjalani operasi atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabakan masalah seksual pria. Obat-obatan yang berdampak pada kesehatan seksual antara lain, obat tekanan darah, antihistamin, antidepresan dan obat asam-blocking.

Tapi jangan menyerah. Anda dan pasangan bisa bereksperimen dengan berbagai cara untuk beradaptasi dengan keterbatasan Anda. Misalnya, jika Anda khawatir tentang serangan jantung setelah berhubungan seks, konsultasikan dengan ahli kesehatan tentang bagaimana mengatasinya. Jika nyeri arthritis mengganggu hubungan seks, cobalah posisi seks yang berbeda. Tetap positif dan fokus pada cara-cara untuk memperoleh kenikmatan seksual pada usia tua.

Masalah Emosional

Pada usia berapa pun, masalah emosional dapat mempengaruhi kehidupan seks Anda. Banyak pasangan yang lebih tua mendapatkan kepuasan seksual yang lebih besar. Sedikitnya gangguan, lebih banyak waktu dan privasi dan tidak khawatir tentang kehamilan membuat hubungan seks lebih memuaskan tanpa beban. Di sisi lain. Beberapa orang yang tua merasa stres karena masalah kesehatan, masalah keuangan dan perubahan gaya hidup lainnya. Depresi juga dapat menurunkan gairah seks Anda.

Tips Seks Untuk Pria Yang Lebih Tua

Seks dan keintiman dapat terus menjadi bagian berharga dari hidup Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan di usia tua :

  • Komunikasi dengan pasangan. Berbicara secara terbuka dengan pasangan Anda tentang kebutuhan seks Anda, keinginan dan kekhawatiran, dapat membantu Anda berdua menikmati seks dan keintiman.
  • Kunjungi dokter Anda. Dokter dapat membantu Anda mengelola kondisi kronis dan obat-obatan yang mempengaruhi kehidupan seks Anda. Jika Anda mengalami kesulitan mempertahankan ereksi atau mencapai orgasme, tanyakan kepada dokter Anda tentang obat atau perawatan lain untuk masalah ini.
  • Beradaptasi dengan rutinitas Anda. Perubahan sederhana dapat meningkatkan kehidupan seks Anda. Mengubah waktu berhubungan seks ke waktu yang memungkinkan bagi Anda berdua. Misalnya, Anda lebih baik berhubungan seks di pagi hari setelah tidur pulas, daripada berhubungan seks sebelum tidur yang mungkin menyebabkan gangguan tidur. Cobalah posisi seks baru atau mengeksplorasi cara-cara baru lain untuk menambah keintiman dan seksualitas.
  • Jangan menyerah pada cinta. Jika Anda kehilangan pasangan, mungkin sulit bagi Anda untuk memulai hubungan dengan orang lain. Tetaplah bersosialisasi dan berfikir positif. Cinta tak mengenal waktu dan usia. Jika Anda memulai hubungan intim dengan pasangan baru, pastikan untuk mempraktekan seks aman. Banyak orang tua tidak menyadari bahwa mereka masih berisiko terkena penyakit menular seksual, seperti AIDS.
  • Konsumsi obat kuat herbal. Seiring bertambahnya usia, Anda akan mengalami penurunan fungsi seksual. Misalnya, gairah seks menurun, impotensi, ejakulasi dini, atau mani encer. semua itu dapat Anda atasi dengan obat kuat herbal. Namun, obat kuat yang digunakan harus sesuai dengan penyebab ganggaun seksual yang Anda derita. Untuk mengetahui beberapa produk obat kuat yang mengatasi masalah seksual berdasarkan penyebabnya.

Untuk mempertahankan kehidupan seks yang sehat, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat. Makan sehat, tetap aktif, tidak minum terlalu banyak alkohol, dan tidak merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang. Dan pastikan untuk seck up ke dokter secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan kronis atau sedang mengkonsumsi obat (medis).