Tips Menjaga Kebersihan Seksual

Ketika kita masih kanak-kanak, kita sering diberitahu tentang pentingnya kebersihan. Orang tua, wali, guru, mereka yang lebih dewasa selalu tampak menginstruksikan Anda tentang mandi, menyikat gigi, mengenakan pakaian bersih, dll. Ini adalah dasar tentang segala sesuatu yang kita lakukan dan ikuti untuk menjaga kebersihan ketika kita dewasa. Apa yang kita lakukan ketika dewasa adalah karena apa yang kita dapat dan apa yang kita lihat di sekitar kita dari masa kecil samapi tumbuh dewasa.

Namun, kebersihan seksual adalah subyek yang tidak sering dibicarakan secara terbuka. Ini adalah hal yang buruk karena itu sama pentingnya dengan kebersihan rutin, terutama untuk mencegah infeksi. Dan kebersihan seksual yang buruk dapat menimbulkan penyakit seksual pada diri Anda dan juga pasangan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda memiliki kehidupan seks yang sehat dan bahagia:

Agar Memiliki Kehidupan Seks yang Sehat dan Bahagia

Mengenakan Pakaian Bersih

Salah satu bagian terpenting dari nasihat untuk kedua jenis kelamin adalah untuk selalu memakai pakaian segar dan bersih. Anda harus selalu mencoba dan menghindari mengenakan pakaian yang bermandi keringat. Hal ini dapat terjadi terutama setelah Anda bekerja.

Jadi celana yang basah dengan keringat harus diganti. Jika tidak diganti dan keringat telah kering dapat menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri dan membuat bagian-bagian pribadi Anda rentan terhadap infeksi. Selain itu, keringat dapat memblokir pori-pori kulit pada bagian-bagian pribadi Anda. Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa Anda harus selalu menjaga bagian intim Anda agar tidak tertutup terlau rapat sehinnga tidak ada ventilasi.

Pria harus menghindari mengenakan pakaian ketat, terutama celana dalam ketat. Untuk menjaga kesehatan sebenarnya celana dalam yang tepat adalah celana boxer. Juga, celana dalam berbahan katun adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada bahan sintetis lainnya, karena itu nyaman dan berpori.

Jangan Menahan Panggilan Alam!

Setiap kali Anda merasakan dorongan untuk membebaskan diri, seperti mau kencing, berak kentut, maka jangan ditahan. Dengan kencing maka Anda berarti membersihkan bakteri di saluran kemih, begitu juga dengan kentut dan berak, Anda berarti membersihkan bagian saluran anus dari bakteri. Jika Anda memaksa diri untuk menunda buang air kecil, kentut, berak ini berarti Anda mengizinkan pertumbuhan bakteri.

Tips Khusus Pria dan Wanita

Tips diatas adalah yang harus dilakukan untuk kedua jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Dan berikut adalah kebersihan yang lebih spesifik untuk jenis kelamin:

Pria

Bagian seksual pria berada di luar tubuh dan dengan demikian sangat penting bahwa itu tetap bersih. Ketika mandi, Anda harus membersihkan penis dan memberi perhatian kusus pada kebersihannya. Jika Anda tidak disunat, Anda harus tarik perlahan kebelakang kulup Anda sejauh mungkin sampai batas ketidaknyamanan, sampai kepala penis Anda terlihat.

Anda tidak perlu untuk menggosoknya dengan sabun atau apa pun, melainkan Anda hanya harus menggunakan air (jika ada air hangat) untuk mencucinya. Cukup mencuci kepala penis dan jangan sampai mencuci uretra dan / atau saluran kemih karena Anda dapat merusaknya. Jika bagian kepala penis ini tidak dicuci, maka akan mengakibatkan penumpukan smegma. Smegma yang berwarna putih adalah sel kulit mati dan biasanya tidak berbahaya. Namun, jika menumbuk dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Perempuan

Perempuan memiliki sedikit kerumitan dibanding laki-laki dalam memelihara kelaminnya. Ketika Anda sedang menstruasi, ganti tampon atau pembalut setiap 3-6 jam, tergantung pada aliran menstruasi Anda. Meninggalkan tampon atau pembalut untuk waktu yang sangat lama menyebabkan bakeri tumbuh dan menyebabkan infeksi dan bau.

Sementara menstruasi membersihkan uretra Anda, rahim dan vagina, penting bahwa Anda membersihkan vagina Anda setiap hari. Bagian eksternal dari vagina, labia perlu dibersihkan hanya sekali sehari. Cuci vagina dengan lembut menggunakan sabun dan air hangat. Bagi banyak wanita mungkin mereka terlalu over atau berlebihan dalam mencuci vagina, ini tidak boleh, basuhlah dan bersihkan sewajarnya. Anda tidak perlu mencucinya dan memberi aroma agar vagina Anda wangi, hal ini bisa sangat berbahaya. Pewangi mempengaruhi keseimbangan pH vagina dan membuat Anda rentan terhadap infeksi. Bagian luar vagina juga harus selalu dicuci, jika tidak dicuci, bagian luar vagina akan menghasilkan formasi smegma ( pada wanita juga bisa terjadi pengkristalan smegma). Ketika Anda mengeringkan bagian pribadi Anda, hindari menggosoknya agar bisa kering, dan sebagai gantinya cukup tepuk-tepuk saja pakai handuk atau tissu.

Menjaga kebersihan seksual yang baik juga berefek pada kebersihan seluruh tubuh Anda. Lakukan tips-tps diatas untuk merawat bagian pribadi Anda dan menjalani hidup sehat.