6 Solusi Agar Sperma Tidak Encer

Sperma encer dapat diatasi secara alami dan mudah, sehingga meningkatkan kesempatan Anda untuk memperoleh keturunan. Jumlah pasangan yang tidak dapat hamil semakin meningkat dalam dua dekade terakhir, menurut Organisasi Kesehatan Dunia,WHO. Sekitar 15 persen pasangan mengalami masalah konsepsi, dan persentase ini terus bertambah.

Infertilitas didefinisikan sebagai tidak adanya konsepsi setelah satu tahun hubungan biasa, tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Pria bertanggung jawab untuk masalah ini setidaknya 40 persen, sementara wanita juga 40%, dan 20% disebabkan oleh keduanya. Meski banyak obat modern telah berkembang menjadi solusi teknis untuk membantu pasangan infertil, pengobatan komplementer atau obat herbal juga dapat menawarkan bantuan yang lebih aman dalam meningkatkan kesuburan pria. Sebelum mencoba obat-obatan alami, penting untuk mengobati kondisi medis yang mendasari infertilitas pria. Berikut adalah solusi untuk mengatasi sperma encer.

1. Meningkatkan Jumlah Sperma

Jumlah sperma rata-rata adalah antara 120 dan 350 juta per sentimeter kubik. Jumlah sperma rendah adalah di bawah 40 juta per sentimeter kubik. Jumlah sperma rendah atau motilitas sperma yang buruk mungkin disebabkan oleh racun lingkungan seperti bahan kimia, radiasi, obat-obatan, paparan logam berat, merokok, penggunaan alkohol yang berlebihan, penggunaan narkoba dan polusi.

Panas juga dapat mengurangi produksi sperma. Mandi air panas, duduk untuk jangka waktu yang lama dan pakaian ketat yang menyempitkan testis dapat meningkatkan suhu cukup lama untuk menekan produksi sperma. Obat anti-ulkus cimetidine dan ranitidine, keduanya berdampak buruk pada jumlah sperma dan dapat menyebabkan impotensi/disfungsi ereksi.

2. Mengurangi Paparan Bahan Kimia

Saat ini, air mani pria rata-rata 50% volumenya adalah sperma, kondisi ini semakin buruk dan volume rata sperma pria juga semakin menurun seiring berjalannya waktu. Banyak yang percaya bahwa hal ini disebabkan oleh paparan xenoestrogens (PCB, DDT, dioxin, pestisida lainnya, plastik dan industri polutan) yang meniru efek estrogen. Anda dapat mencegah atau meminimalkan dampak xenoestrogens pada kesehatan Anda dengan melakukan hal berikut:

  • Hindari wadah plastik untuk penyimpanan makanan, botol plastik, pembungkus dan peralatan plastik.
  • Gunakan produk kertas tanpa klorin.
  • Gunakan penyaring kopi yang berbahan kertas, serbet dan tisu untuk mengurangi paparan dioksin.
  • Hindari air keran diklorinasi. Pemutih klorin,dan produk diklorinasi lainnya menggunakan hidrogen peroksida sebagai alternatif.
  • Makan makanan organik sebanyak mungkin untuk menghindari pestisida dan herbisida.
    Hindari deodoran dan kosmetik sintetis.
  • Hindari produk hewani dengan kandungan lemak tinggi yang mengandung hormon, susu dan produk susu terutama konvensional, ayam, daging sapi dan babi.
  • Hindari alkohol dan kafein.
  • Hindari masakan yang digoreng, di panggang, atau dibakar.
  • Makan makanan tinggi antioksidan (karoten, vitamin A, C, E dan selenium) seperti sayuran berdaun hijau, kale, wortel, jeruk, brokoli, kembang kol dan ubi jalar.

3. Memperbaiki Pola Makan

Mengkonsumsi banyak buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kesuburan. Anda juga perlu menghindari tembakau, da mengurangi karbohidrat olahan, kopi, teh, alkohol dan makanan dengan aditif buatan.

Menjaga berat badan ideal Anda. Kekurangan makanan pada pria menyebabkan hilangnya dorongan seksual dan perubahan struktural untuk jaringan reproduksi yang menyebabkan kemandulan. Di sisi lain, obesitas dapat dikaitkan dengan jumlah sperma rendah dan impotensi, mungkin karena suhu yang lebih tinggi yang disebabkan oleh kelebihan lemak di dekat testis.

4. Berolahraga Secara Teratur

Menurut American Society of Reproductive Medicine, olahraga teratur (lima kali seminggu selama paling sedikit 45 menit) dan diet yang sehat meningkatkan kesuburan dengan menjaga berat badan pada tingkat normal dan menghilangkan stres atau kecemasan. Disisi lain, olehraga berlebihan (lari maraton dan pelatihan terkait) dapat mengakibatkan infertilitas karena menyebabkan amenore (tidak adanya menstruasi) pada wanita dan jumlah sperma menurun pada pria. Jika Anda tidak yakin apa jenis latihan yang terbaik untuk Anda, mintalah bimbingan dari seorang pelatih pribadi. Ia dapat memberikan program latihan untuk membawa berat badan dan tingkat kebugaran ke kisaran ideal.

5. Dapatkan Suplemen Gizi

Untuk pria, nutrisi tambahan yang paling penting untuk meningkatkan kesuburan adalah vitamin C dan seng. Vitamin C (2.000 sampai 6.000 miligram setiap hari) membantu mencegah sperma dari penggumpalan atau saling menempel, sehingga meningkatkan potensi kesuburan. Suplemen zinc (100 sampai 200 mg per hari) telah terbukti untuk meningkatkan tingkat testosteron, jumlah sperma dan motilitas sperma. Sumber seng tinggi termasuk tiram, daging organ, daging sapi tanpa lemak, kalkun, domba, herring, bibit gandum, dan kacang-kacangan.

Arginine adalah asam amino tubuh hasil dari pencernaan protein. Arginine ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kepala sperma. Arginin telah ditunjukkan untuk membantu jumlah sperma rendah dan motilitas miskin. Dalam dosis tinggi, arginin juga merupakan dilator ampuh arteri, yang mengarah ke ereksi yang lebih baik. Makanan sumber arginin termasuk kacang-kacangan, coklat, daging, unggas, ikan dan susu.

Nutrisi lain yang telah terbukti meningkatkan jumlah sperma termasuk asam lemak esensial (9 sampai 12 gram sehari), chromium (1.000 mcg setiap hari), selenium (200 mcg setiap hari), tembaga (2 mg per hari), vitamin E (800 IU per hari) , koenzim Q10 (400 mg setiap hari) dan B-kompleks vitamin (50 mg per hari), khususnya vitamin B12 (1.000 mcg setiap hari).

6. Konsumsi Obat Herbal

Tumbuh-tumbuhan yang tercantum di bawah mungkin efektif untuk meningkatkan ereksi, hasrat seksual, aliran darah ke organ seksual dan kesehatan seksual hampir tidak ada efek samping:

  • panax ginseng (ginseng Korea)
  • saw palmetto berry
  • muira puama
  • ekstrak ginkgo biloba
  • Rhodiola rosea
  • pala
  • horny goat weed
  • rusa tanduk beludru
  • Tribulus terrestris

Pembentukan sperma membutuhkan waktu hampir tiga bulan, itu adalah waktu yang cukup sebelum mendapatkan manfaat dari program suplementasi gizi.

Jika Anda merasa kesulitan mendapatkan bahan obat alami untuk mengatasi masalah seksual, sekarang telah tersedia obat herbal yang terbuat dari ekstak herbal pilihan yang terbukti meningkatkan kinerja seksual pria. Beberapa obat dibawah ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • meningkakan jumlah sperma
  • mengentalkan air mani
  • mengobati impotensi
  • mengobati ejakulasi dini
  • menambah gairah seks/libido pria
  • secara alami dan konstruktif mengobati kondisi medis yang menyebabkan masalah seksual terkait

Obat-obatan tersebut antara lain:

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.