Ingin Seks Tetap Lancar Saat Pasangan Hamil? Ini Caranya

Kehamilan merupakan masa-masa yang paling dinantikan bagi pasangan suami istri apalagi ketika hamil pertama kali. Namun selain menyenangkan, kehamilan juga kadang menimbulkan kegamangan bagi pasangan suami istri.

terlebih saat kehamilan memasuki timester awal dan akhir, tak jarang pasangan merasa bingung bagaimanakah cara berhubungan seks yang baik dan benar supaya janin tetap aman.

Supaya Hubungan Seks Lancar Saat Istri Hamil

Jika Anda ingin hubungan seks lancar meski pasangan wanita sedang hamil, perhatikan hal-hal berikut:

1. Intensitas seks

Wanita dapat melakukan hubungan seks selama kehamilan sepanjang mereka menghendakinya tanpa harus takut membahayakan janin. Namun jelas harus tau kaidah dan etikanya. Asalkan posisi seks diatur sekreatif mungkin, agar hubungan seks tetap aman, nyaman, dan tidak membahayakan calon bayi.

2. Durasi bercinta

Durasi berhubungan seks dari foreplay, orgasme, dan relaksasi sangat tergantung pada metode berhubungan seks, kebugaran fisik, serta usia pasangan. Biasanya, saat penetrasi penis ke dalam vagina, umumnya 10-20 menit. Seberapa lama waktu hubungan seks tidaklah terlalu penting. Yang penting adalah Anda dan pasangan dapat merasakan orgasme yang memuaskan.

3. Mengetahui Risiko

Ketika wanita hamil enam bulan, dengan perut yang besar, biasa terjadi gangguan keseimbangan hormon wanita yang lebih memprioritaskan pada pertumbuhan janin. Akibatnya, dinding vagina menjadi kurang sensitif, lubrikasi (pelumasan) rongga vagina tidak optimal, hingga terasa nyeri saat penetrasi penis.

4. Posisi Seks

Posisi berhubungan seks saat hamil tergantung pasangan wanita, di mana posisi harus senyaman mungkin bagi tubuh wanita hamil. Namun yang harus Anda ketahui, posisi seperti missionary (man on top) tidak diperbolehkan karena ketika pria bertumpu pada tubuh wanita.

Yang mungkin dan aman untuk dilakukan adalah posisi doggy style, woman on top, dan posisi lain yang nyaman bagi wanita. Dan ibu dan kandungannya terjaga.

5. Waktu bercinta

Wanita yang sedang hamil muda, yaitu yang usia kandungannya di bawah satu bulan, seharusnya melakukan hubungan seks yang tidak membebani perut. Atau lebih baik lagi jika Anda dan pasangan mau bersabar dan menunda hubungan seksual hingga usia kehamilan masuk 16 minggu.