Penyebab Payudara Kendur

Payudara wanita adalah salah satu atribut fisik atau fitur yang melalui proses alam atau siklus pembangunan. Sebagai seorang wanita, pertumbuhan payudara bersifat relatif, hal ini terjadi karena pembangunan bervariasi tergantung pada struktur tubuh wanita. Ketika seorang wanita telah mengalami penuaan dan mengalami obesitas atau berat badan yang tidak normal, maka hal ini akan mempengaruhi perubahan pada payudaranya, perubahan yang akan terjadi adalah kendur. Kejadian ini tidak dapat dikendalikan karena hal ini adalah proses alami, yang mana daerah payudara kehilangan banyak lemak atau kelenjar susu yang menyebabkan payudara terkulai atau kendur.

Perubahan payudara menjadi kendur dapat terjadi setiap saat. Ketika seorang wanita muda memutuskan untuk menurunkan berat badan dan ia melakukan diet yang tidak sehat, dimana hal ini juga akan mempengaruhi atau mengurangi jumlah lemak atau kelenjar susu yang ada pada payudara wanita, sehingga kondisi seperti ini menyebabkan payudara menjadi kendur. Lemak atau kelenjar susu yang menjadikan bentuk payudara terlihat besar dan kencang dan bagi wanita yang sudah mengalami penuaan karena faktor usia, maka hal ini akan mengurangi jumlah kelejar susu yang mengakibatkan kondisi payudara yang dimilikinya terlihat kendur. Payudara tidak mengandung otot seperti bagian lain dari tubuh, tetapi mereka memiliki ligamen dan jaringan ikat.

Proses yang menyebabkan payudara melorot atau kendur adalah gravitasi tarik pada ligamen dan kulit yang juga menarik payudara. Jenis gen yang dimiliki dan proses diet yang dilakukan oleh seorang wanita guna mempertahankan jenis kulit serta mencegah terjadinya proses penuaan berkontribusi besar terhadap penyebab kendurnya payudara seorang wanita. Ketika seorang wanita memiliki ukuran payudara yang lebih besar dari ukuran normalnya, maka hal ini sangat mungkin bahwa tingkat kekenduran yang akan dialaminya jauh lebih cepat dari pada wanita yang mempunyai ukuran payudara lebih kecil.

Payudara kendur biasanya terjadi pada ibu yang menyusui. Setelah bayi tidak meminum ASI dari ibunya, maka seorang ibu akan mengalami efek tersebut (payudara kendur). Kondisi ini dapat terjadi karena proses involusi payudara terjadi ketika kelenjar susu berhenti memprosuksi susu, sehingga hal ini menjadikan payudara terlihat menyusut dan kendur.

Contoh lain ketika payudara kendur akibat penurunan berat badan. Selama penurunan berat badan , lemak atau kelenjar susu hilang. Hal ini menyebabkan kondisi kulit menjadi kendur akibat tidak adanya suplai lemak atau kelenjar susu pada tubuh terutama daerah payudara, sehingga kondisi ini menjadi penyebab utama kendurnya payudara pada wanita.

Apa yang dapat meningkatkan kondisi kulit pada titik ini adalah kebiasaan makan yang sehat dengan banyak buah-buahan dan sayuran serta melakukan diet secara benar.

Bahkan ada kemungkinan juga bahwa seorang wanita yang belum mempunyai anak bisa mengalami kekenduran pada payudaranya. Hal ini karena masalah menopause dan usia.

Tentu saja kondisi ini adalah fakta yang mana kekenduran payudara dapat terjadi pada wanita baik muda maupun lanjut usia. Mungkin bagi wanita yang mempunyai ukuran payudara kecil hal ini tidak akan menjadi kekhawatiran bagi dirinya, karena sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan pengaruh seperti ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penuaan dan menopause menyebabkan payudara menjadi kendur. Wanita yang mempunyai berat badan yang tidak normal dan kemudian melakukan program diet demi mendapatkan ukuran badan yang ideal, maka hal ini akan menyebabkan hilangnya lemak atau kelenjar susu yang menyebabkan kondisi payudaranya menjadi kendur.

Kondisi kendurnya payudara pada wanita tidak boleh dibiarkan, karena kondisi ini akan mempengaruhi kehidupannya, tentu saja dengan mempunyai kondisi payudara yang kendur maka hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan dan kurangnya percaya diri. Hal ini juga akan mempengaruhi terhadap kehidupan seksual , mengingat payudara adalah salah satu bagian sensual yang disukai oleh kaum pria. Oleh sebab itu sebagai kaum wanita, setidaknya menjaga keutuhan kondisi payudara yang baik sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri.