Libido Anda Rendah? Mungkin Ini Penyebabnya

Keinginan seksual tidak lepas dari kehidupan semua pria. Hampir mustahil jika ada pria yang tidak menginginkan aktivitas seks. Bahkan dokter-dokter cenderung melihat orang sebagai "robot seksual," didesain untuk selalu menginginkan seks, kata peneliti seks Irwin Goldstein, MD, direktur pengobatan seksual di Alvarado Hospital di San Diego dan kepala editor di The Journal of Sexual Medicine. Namun, berdasarkan penelitian Goldstein, juga menemukan satu dari lima pria memiliki libido atau gairah seks rendah. Mungkin selama ini kita tahu, penurunan libido kebanyakan terjadi pada wanita. Namun kenyataanya, pria yang memiliki libido rendah lebih banyak 30% dari pada wanita.

Penyebab Libido Rendah

Usia sangat mempengaruhi tingkat libido atau gairah seksual pria. Namun banyak juga pria tua yang masih memiliki libido normal. Seperti kebanyakan sifat manusia, tingkat libido juga bervariasi pada setiap pria. Rendahnya libido pria dapat disebabkan beberapa faktor, antara lain:

Masalah psikologis

Stres dan depresi karena tekanan masalah kehidupan sehari-hari, entah masalah keluarga, kerjaan, atau masalah lain bisa menyebabkan turunnya libido pria.

Masalah medis

Penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi dapat menurunkan libido pria. Obasitas, obat-obatan HIV, beberapa obat rambut rontok, dan obat-obat lain dapat mempengaruhi gairah seksual pria.

Hormon

"Testosteron adalah hormon libido," kata Goldstein. Kadar testosteron rendah menyebabkan libido rendah, libido yang rendah membuat pria kurang bergairah melakukan hubungan seks. Faktor hormon lain seperti tiroid dan prolaktin juga berpengaruh dalam penurunan libido pria.

Tingkat dopamin rendah

Gairah seksual jelas melibatkan kinerja otak. Untuk mendapatkan gairah seksual, otak akan mengirimkan pesan ke penis untuk ereksi. Pesan disampaikan melalui cairan kimia yang disebut dopamin. Rendahnya tingkat dopamin menyebabkan rendah pula libido Anda. Dokter telah mencatat bahwa pasien penyakit Parkinson diobati dengan obat dopamin-stimulating untuk meningkatkan libido atau gairah seksual. Goldstein mengatakan obat ini membantu beberapa pria dengan HSDD (hypoactive sexual desire disorder), pria yang memiliki gairah seks rendah.

Rendahnya libido pria diobati dengan cara berbeda. Bila itu disebabkan masalah psikologis, terapi seks dapat membantu meningkatkan kembali gairah seksual. Terapi seks bukanlah psikoterapi, melainkan konseling psikologi yang difokuskan pada masalah seksual. Anda juga dapat menggunakan terapi herbal. Natural Gain adalah obat kuat herbal yang telah dipercaya efektif meningkatkan libido dan menambah kekuatan ereksi pria.

Jika rendahnya libido disebabkan karena kadar testosteron rendah, Anda dapat mengambil suplemen testosteron. Suplemen testosteron dapat Anda dapatkan dari suntikan testosteron atau dengan formula gel yang dioleskan langsung ke kulit dada, bahu, atau perut. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan kadar testosteron dengan lebih mudah, KuatPria 123 adalah produk obat kuat herbal yang berfungsi untuk menambah kejantanan pria, meningkatkan libido, kekuatan ereksi dan meningkatkan kadar testosteron secara aman dan berkala.

Jika rendahnya libido pria disebabkan karena tingkat dopamin rendah, dokter mungkin meresepkan obat peningkat dopamin.

Rendahnya gairah seksual harus diobati berdasarkan penyebabnya. Jika salah memilih obat, bisa jadi akan memperburuk kondisi Anda. Jika Anda menggunakan produk herbal, pilihlah produk yang berkualitas.