Penyebab Infertilitas Pria: Morfologi Sperma Abnormal

Morfologi sperma abnormal, atau teratozoospermia adalah kondisi yang menunjukkan kelainan ukuran dan bentuk sperma yang abnormal. Cacat sperma ditunjukan pada kepala dan ekor sperma yang berbentuk tidak biasa. Perubahan ini membuat lebih sulit bagi sperma untuk menembus sel telur atau bahkan mencapai sel telurpun akan kesulitan. Terlepas dari itu, persentase yang sangat tinggi dari morfologi abnormal dapat berpengaruh negatif pada kesuburan pria.

Apakah Wajar Memiliki Morfologi Sperma Abnormal

Morfologi sperma abnormal adalah umum. Bahkan, jika morfologi abnormal sekitar 4% dari sperma dianggap normal. Jadi, jangan menyalahkan diri sendiri. Anda tidak sendirian. Dan Anda masih akan dapat menghamili pasangan dengan morfologi yang buruk.

Morfologi Abnormal Sperma dan Faktor infertilitas Pria?

Faktor infertilitas pria adalah kategori penyebab infertilitas yang berasal dari masalah produksi sperma hingga keluarnya sperma dari tubuh manusia. Di dunia ini, sekitar 1 dari 6 pasangan mengalami infertilitas, dan 40% dari ketidaksuburan pasangan disebabkan oleh pria. Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dan obat herbal dapat membantu.

Gejala Morfologi Sperma Abnormal?

Ketika air mani divisualisasikan di bawah mikroskop, sperma harus memiliki kepala bulat telur dan ekor panjang tunggal. Sperma abnormal menyimpang dari bentuk morfologi standar ini. Istilah medis untuk sperma dengan morfologi abnormal adalah teratozoospermia.

Penyebab Morfologi Sperma Abnormal?

Penyebab abnormalnya morfologi sperma belum diketahui secara pasti. Beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi morfologi sperma meliputi:

  • Penyakit, seperti celiac, Hodgkin, atau Crohn
  • Penyebab motilitas sperma rendah juga dapat mempengaruhi morfologi sperma, seperti pembengkakan testis (varikokel), faktor lingkungan, dan gaya hidup
  • Paparan bahan kimia
  • Hipertermia (yaitu, testis terlalu panas)

Bagaimana Morfologi Abnormal Sperma Didiagnosis Oleh Dokter?

Analisis air mani memungkinkan sperma untuk dikumpulkan dan diperiksa di bawah mikroskop. Setiap bentuk yang berbeda dari bentuk sperma normal (kepala bulat dan ekor panjang) termasuk kepala lebih kecil atau lebih besar dan ekor yang bengkok dihitung sebagai persentase sperma yang abnormal. Jika terlalu banyak sperma berbentuk abnormal, maka pembuahan sulit terjadi.

Perawatan Medis Untuk Morfologi Sperma Abnormal

Mengobati morfologi abnormal sperma sering melibatkan waktu dan pendekatan cukup lama. Kondisi ini mungkin sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Jika dalam waktu lama teratozoospermia tak kunjung normal, maka pilihan pengobatan berikut mungkin dilakukan dokter kepada Anda:

  • Mengumpulkan sperma, bahkan jika itu adalah normal, dan menyuntikkan langsung ke dalam telur luar (ICSI) atau di dalam (IUI) rahim
  • Terapi hormon untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon
  • Operasi untuk mengobati pembengkakan (varikokel)
  • Obat untuk mengobati infeksi bakteri (jika ada)

Perawatan Alami untuk Teratozoospermia atau Morfologi Abnormal dari Sperma

Tidak hanya dengan terapi medis kedokteran, sperma dengan bentuk abnormal dapat diobati dengan cara alami. Berikut adalah beberapa obat herbal yang dapat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah infertilitas(mandul). Obat-obat ini bekerja secara alami dan mengobati langsung dari penyebabnya.

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.