Penyebab Dan Cara Mengatasi Motilitas Sperma Rendah

Motilitas sperma rendah, atau asthenospermia, merupakan bagian dari faktor infertilitas pria. Motilitas sperma rendah atau disebut Asthenospermia adalah suatu kondisi kesehatan pria yang memiliki 20-40% motilitas, lebih sedikit dari sperma yang bergerak secara efektif. Dalam sampel normal, sperma yang lebih besar dari 40% motilitasnya memiliki kecepatan sperma rata-rata akan menjadi 20 pM / detik.

Ketika dokter menganalisa sampel sperma Anda, sperma akan dinilai pada skala 4 titik yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), A sampai D, didasarkan pada berapa banyak dan seberapa efektif gerakannya. Beberapa dokter menggunakan skala yang berbeda, sehingga laporan yang Anda lihat dari analisis air mani mungkin berbeda dari standar WHO.

Apakah Ada Gejala Motilitas Sperma Rendah?

Satu-satunya gejala yang jelas dari motilitas sperma rendah adalah kesulitan “menghamili” pasangan, meskipun waktu yang tepat dari hubungan seksual dan kemungkinan infertilitas wanita juga berpengaruh. Ini biasanya menunjukkan masalah dengan sperma seorang pria. Tidak ada gejala motilitas sperma rendah yang Anda dapat lihat dengan mata telanjang. Dokter Anda harus menganalisis sampel air mani untuk analisis mikroskopis.

Apa yang Menyebabkan Motilitas Sperma Rendah?

Beberapa penyebab motilitas sperma rendah adalah:

  • Stres, kecemasan dan khawatir
  • Hipertermia (yaitu, overheating testikel Anda, testis terlalu panas)
  • Ketidakseimbangan hormon Endokrin
  • Masalah urologis
  • Kekurangan vitamin
  • Kelebihan berat badan
  • Merokok
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Penggunaan narkoba
  • Obat-obat tertentu
  • Faktor genetik (misalnya, fibrosis kistik, sindrom Klinefelter, sindrom Kartagener)

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Motilitas Sperma Rendah?

Untuk menentukan masalah faktor kesuburan pria, dokter akan memeriksa air mani Anda. Analisis air mani mengevaluasi sperma dan bagian-bagian lain dari ejakulasi untuk meneliti volume, pH (keasaman / kebasaan), waktu pencairan, jumlah sperma, morfologi sperma, motilitas sperma, tingkat fruktosa dan adanya sel-sel kekebalan.

Dalam persiapan untuk analisis air mani, Anda akan diminta untuk menghindari ejakulasi selama 2 sampai 5 hari, agar hasil tes lebih akurat. Namun, Anda juga jangan terlalu lama tidak ejakualsi. Terlalu lama tidak ejakulasi menyebabkan kualitas sperma dibawah standar. Cara terbaik adalah dengan ejakulasi satu kali dalam satu minggu.

Bagaimana Dokter akan Memperlakukan Motilitas Sperma Rendah?

Perawatan medis Barat untuk motilitas sperma rendah cukup terbatas. Beberapa dokter akan merekomendasikan untuk memperbaiki pola makan dan mungkin menyarankan mengambil beberapa vitamin. Secangkir kopi bahkan mungkin dianjurkan. Kebanyakan dokter akan menyarankan intrauterine insemination (IUI) atau injeksi sperma intracytoplasmic (ICSI). IUI melibatkan injeksi sperma langsung ke dalam rahim. Sedangakan ICSI adalah suatu prosedur dimana sperma dipilih di laboratorium dan disuntikkan langsung ke sel telur. Telur yang sudah dibuahi kemudian ditransfer ke rahim.

Apakah Ada Obat Herbal untuk Meningkatkan Motilitas Sperma?

Berikut adalah obat herbal yang terbukti efektif mengatasi masalah seksual termasuk jumlah dan motilitas rendah. Obat-obatan di bawah ini mengatasi masalah seksual sesuai dengan kondisi medis yang menyebabkannya. Berikut diantaranya:

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.