Pengaruh Kopi Terhadap Kesuburan

Prof. Dr. Allen J Wilcox merupakan salah seorang epidemiolog dari Institut Nasional Kesehatan Lingkungan Amerika. Ia pernah melakukan penelitian tentang pengaruh kopi terhadap kesuburan. Hasil penelitian tersebut cukup mencengangkan, ini dikarenakan kopi mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Bagi wanita pecandu kopi, mereka hanya memiliki kesuburan 26% dari wanita pada umumnya. Hal ini menunjukan bahwa penurunan kesuburan pada wanita mencapai prosentase 74%, dengan demikian jenis minuman ini akan mengancam kesuburan setiap wanita.

Kopi merupakan jenis minuman yang digemari oleh setiap orang. Tidak hanya pria, wanita pun juga sangat suka dengan jenis minuman ini karena rasanya yang khas, apalagi juga dikombinasikan dengan campuran susu atau cream.

Jenis minuman yang terbuat dari biji kopi ini memang memiliki rasa yang khas, dimana setiap biji kopi yang diolah memiliki perbedaan rasa. Namun, banyak kabar yang beredar, bahwa kopi dapat menurunkan kesuburan pada kaum wanita.

Apakah pernyataan tersebut benar? Adakah alasan yang melatarbelakanginya?

Wanita yang termasuk kategori pengemar atau pecandu kopi, ini adalah peringatan bagi Anda. Bagi wanita yang dalam sebulan menghabiskan 70 cangkir kopi dalam sebulan atau paling tidak 2 hingga 3 cangkir kopi dalam sehari, maka Anda harus bersedia menghentikan kebiasaan meminum kopi tersebut atau paling tidak menguranginya. Bukan hanya meminum kopi yang dapat memperburuk kesuburan, akan tetapi sebab lain juga melatarbelakanginya, yaitu meminum alkohol, merokok dan faktor usia.

Selain rasanya yang khas, aromanya yang berbeda dengan jenis minuman lainnya dan kehangatannya ketika disedu, ternyata kopi memiliki senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Methylxanthine yang merupakan senyawa perangsangan merupakan salah satu senyawa yang dapat menganggu kesehatan manusia, khususnya mempengaruhi kesuburan wanita.

Methylxanthine merupakan senyawa perangsangan, dimana senyawa inilah yang akan menimbulkan kesan bergairah ketika berhubungan seks. Dengan tujuan ingin mendapatkan gairah seks yang mengebu-gebu biasanya seseorang sengaja meminum kopi sebelum melakukan hubungan seks, ini dimaksudkan agar gairah seksnya terbakar, hingga bisa menjadi liar di ranjang. Senyawa perangsang (methylxanthine) bereaksi sangat cepat dan sifatnya mudah diserap oleh darah, yang kemudian akan menyebar ke seluruh bagian tubuh bahkan hingga sampai ke otak, sehingga dengan seketika seseorang akan memperoleh gairah seks yang mengebu-gebu setelah meminum kopi.

Perlu Anda ketahui, meskipun senyawa perangsang (methylxanthine) sifatnya mudah diserap, akan tetapi ada 1% sisa senyawa tersebut yang tidak bisa diserap. Umumnya, senyawa perangsang yang dihasilkan oleh kopi akan mengalir bersama darah, dan akan dikeluarkan ginjal melalui urin, akan tetapi 1% sisa senyawa tersebut masih terendap bersama darah dan sangat sulit untuk dikeluarkan. Kondisi semacam ini lambat laun akan mempengaruhi fungsi tubuh, terutama kesehatan seksual. Meskipun hanya 1% senyawa yang tidak dapat dikeluarkan , namun apabila Anda rutin mengkonsumsi kopi, maka sisa senyawa yang tidak bisa terbuang keluar tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda terlebih pada kesehatan seksual.

Ini peringatan bagi Anda pecandu kopi. Larangan bagi Anda pecandu kopi yang memiliki tekanan darah tinggi. Apabila senyawa perangsangan tersebut mencampur dengan darah, maka hal ini akan menyebabkan detak jantung menjadi semakin cepat seperti orang yang dipaksa melakukan kerja berat. Kondisi ini akan menjadikan napas seseorang menjadi terengah-engah, pendek dan sesak, yang kemudian akan membuat pembuluh darah semakin melebar. Kondisi seperti ini akan menganggu sirkulasi darah, padahal sirkulasi sangat penting dan berkontribusi penting pada kesehatan seksual.

Methylxanthine disebut juga dengan kafein, senyawan ini tidak hanya terdapat pada kopi saja, namun banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung senyawa tersebut. Cokelat, teh, obat-obatan dan jenis minuman lainnya juga mengandungn senyawa perangsang ini, akan tetapi hanya pada jenis minuman kopi kadar kafein ini tinggi.

Umumnya, bagi pecandu kopi biasanya tidak akan merasakan gejala-gejala aneh pada dirinya, ini disebabkan tubuh sudah bertoleransi dengan senyawa perangsang tersebut. Namun, apabila Anda mengalami suatu sakit berat, maka gejala-gejala tersebut akan terdeteksi, dimana dalam kondisi ini darah sudah terlalu banyak bercampur dengan kafein.

Kopi memang dipercaya bisa membangkitkan gairah seksual seseorang. Akan tetapi, dalam jangka waktu lama kebiasaan meminum kopi akan memberikan dampak negatif pada tubuh kita. Oleh sebab itu, bagi pecandu kopi alangkah baiknya menguranginya atau hentikan kebiasaan tersebut demi kelangsungan kesehatan seksual Anda.