Pembesaran Payudara Pada Pria

Pembesaran payudara pada pria terjadi hampir setengah dari penduduk pria di dunia ini, hal ini adalah sebuah kondisi yang dikenal sebagai ginekomastia. Dalam beberapa kasus, ginekomastia menyebabkan terbentuknya benjolan kecil di bawah salah satu atau kedua puting susu, serta hal itu menyebabkan payudara menggantung besar pada pria. Tentu saja hal ini sangat memalukan, karena pada umumnya seorang pria tidak seharusnya mempunyai ukuran payudara yang besar layaknya seorang wanita.

Penyebab pasti ginekomastia tidak dapat diketahui secara pasti, karena dalam banyak kasus tidak ada penyebab yang jelas yang dapat dijadikan sebagai alasan. Namun, ada berbagai faktor yang mempengaruhi kejadian tersebut, yakni faktor penuaan, perubahan hormonal, penyalahgunaan alkohol, efek samping obat, genetika atau keturunan dan obesitas. Pria yang memiliki kondisi payudara seperti ini, tentu saja akan mempengaruhi kondisi fisik dan psikologis.

Seorang pria yang mempunyai kondisi payudara layaknya seorang wanita akan mengalami dampak buruk terhadap kehidupan pribadi dan sosialnya dan tentu saja seorang pria yang mengalami kondisi seperti ini akan merusak aspek kehidupannya. Ginekomastia biasanya terjadi pada masa pubertas, dimana perubahan hormonal mulai terjadi pada pria. Meskipun ginekomastia biasanya terjadi pada masa remaja, namun hal ini bisa terjadi pada usia berapa pun.

Bagi pria yang mengalami pembesaran pada payudaranya layaknya seorang wanita, maka ia akan berusaha menyembunyikan kondisi buruk ini dengan cara mengenakan pakaian yang ukurannya lebih besar. Hal ini merupakan kondisi yang memalukan bagi kehidupan sosial, karena ginekomastia adalah suatu kondisi yang secara permanen dapat merusak harga diri seseorang.

Dapat dimengerti, mengapa pria yang mengalami pembesaran payudara ingin menyembunyikan kondisinya tersebut, tetapi kondisi seperti tersebut tidak menjadikan seseorang putus asa, karena pembesaran payudara pada pia masih dapat diobati.

Mengatasi Pembesaran Payudara pada Pria

Pembesaran payudara pada pria bisa diobati dengan pengobatan yang tepat. Pria yang mengalami pembesaran payudaranya dapat mengobati kondisinya tersebut dengan berbagai macam pilihan, berikut ini adalah beberapa parawatan umum yang dapat dilakukannya.

Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan pria yang mengalami pembesaran payudara disebabkan oleh faktor berat badan yang tidak normal. Obesitas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya pembesaran payudara pada pria dan kenaikan berat badan adalah sesuatu yang dapat diubah atau diturunkan. Memiliki berat badan yang terlalu eksta tidak hanya meningkatkan jaringan lemak, tetapi juga bisa mempengaruhi produksi hormon. Seperti yang sudah diketahui, peningkatan jaringan lemak pada pria dapat meningkatkan hormon estrogen.

Estrogen menstimulasi pertumbuhan payudara sehingga berat badan dapat mempengaruhi pertumbuhan payudara seseorang. Kondisi ini dapat dicegah dengan mempertahankan berat badan yang sesuai. Program penurunan berat badan yang tepat merupakan keuntungan bagi seorang pria yang mengalami pembesaran payudara, karena hal ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan.

Menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan secara normal tidaklah mudah, namun manfaatnya bisa lebih besar daripada pengorbanan. Selain membuat ukuran payudara terlihat lebih kecil, menjaga berat badan secara normal juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Operasi Pengurangan Payudara

Metode ini merupakan alternatif yang memerlukan biaya yang mahal, namun cara ini merupakan solusi insta bagi pria yang mengalami pembesaran payudara layaknya seperti seorang wanita. Keahlian dari ahli bedah merupakan salah satu faktor besar yang berkontribusi bagi keberhasilan prosedur ini, tetapi tidak semua ahli bedah dapat melakukannya, karena ada kasus bahwa pasien tidak puas dengan hasilnya. Setiap operasi melibatkan risiko seperti reaksi terhadap anestesi, kehilangan darah selama dan setelah operasi dan infeksi. Oleh sebab itu perlu berhati-hati ketika ingin mengambil prosedur ini, karena prosedur ini juga melibatkan faktor pada diri pasiennya.

Pengobatan Pengurangan Payudara Secara Herbal

Sebagai hasil dari penelitian intensif terkemuka ilmuwan medis dan ahli gizi, perawatan pengurangan payudara secara herbal dikembangkan untuk membantu pria yang memiliki kondisi pembesaran payudara. Bahan-bahan herbal menargetkan sel-sel lemak dalam kelenjar susu dapat mengurangi ukuran payudara. Pengobatan herbal tidak sering kali dijadikan sebagai alternatif karena biayanya yang tidak mahal dan tidak menimbulkan resiko layaknya oprasi, namun sebelum mengambil prosedur pengobatan herbal, yang terbaik adalah melakukan konsultasi dengan dokter terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan.

Bagi pria yang mengalami pembesaran payudara mungkin akan mengalami gangguan dalam kehidupan sosialnya, tapi setiap masalah ada solusinya. Terserah Anda menemukan solusi apapun guna menyembuhkan kondisi tersebut, namun pilihan terbaik untuk melakukan penyembuhan adalah non bedah untuk menghindari resiko operasi.