Orkitis, Gangguan Kesehatan Pada Testis

Orkitis merupakan jenis gangguan kesehatan yang terjadi di testis, baik pada salah satu testis maupun keduanya. Orkitis merupakan sebagian penyakit yang tergolong sebagai suatu kondisi medis, dimana munculnya penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan pada salah satu testis maupun keduanya dan pada akhirnya peradangan tersebut menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan pada testis.

Testis atau lebih dikenal dengan sebutan buah zakar merupakan bagian terpenting pada organ intim pria. Testis atau buah zakar sendiri merupakan bagian terpenting, yang mana testis mempunyai fungsi memproduksi sperma dan memproduksi hormon testosteron atau disebut juga dengan hormon seks pria. Tentu tidak bisa dibayangkan apabila orkitis mempengaruhi kesehatan testis, bisa jadi orkitis akan menghentikan produktivitas sperma didalam testis, mengerikan bukan?

Penyakit yang terjadi pada testis ini dideteksi bisa muncul atau terjadi karena adanya bakteri atau virus. Virus gondongan atau mumps, ini merupakan jenis virus yang mana virus inilah yang menjadi tersangka utama yang pada akhirnya menyebabkan orkitis.

Didalam sebuah survei yang melibatkan kurang lebih 550 pria, yang mana pria tersebut menderita gondongan. Telah diketahui, bahwa tingkat risiko terkena orkitis ternyata lebih banyak dialami pria dengan penyakit gondongan yang dideritanya. Sebagaimana didalam survei, persentase pria yang menderita gondongan kemudian menjalar hingga terkena orkitis ternyata hampir mencapai 15% hingga 25% dari 550 orang. Ini merupakan jumlah persentase yang tidak sedikit, dimana persentase 25% tersebut merupakan tingkatan persentase yang tinggi.

Sebenarnya, bukan hanya karena virus mumps saja yang pada akhirnya akan menyebabkan orkitis. Baru-baru ini telah diketahui bahwa orkitis yang terjadi ternyata dapat disebabkan oleh penyakit brucellosis, dimana jenis penyakit ini merupakan penyakit yang terdapat pada beberapa jenis hewan yang disebabkan oleh kuman brucella sp. Hampir 2% hingga 20% pria yang menderita penyakit orkitis dimana penyebab utamanya adalah kuman brucella sp.

Orkitis merupakan jenis penyakit yang mana terjadinya didalam testis. Jenis penyakit ini bila dibiarkan hingga berlarut-larut akan mempengaruhi kesuburan sperma, ini artinya orkitis dapat mempengaruhi infertilitas pria. Banyak orang yang menganggap bahwa orkitis merupakan infeksi prostat. Kabar buruknya, jenis penyakit ini juga dianggap sebagai manifestasi dari penyakit menular seperti gonore.

Apabila penderita bersikap acuh dengan kondisi yang terjadi dan membiarkan orkitis mempengaruhi kesehatan testisnya. Ini artinya bukan hanya kesuburan saja yang dipertaruhkan, namun orkitis juga akan menginfeksi saluran kemih sehingga terjadi kelainan pada saluran kemih. Kondisi semacam ini sering kali terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 45 tahun. Oleh karena itu, tidak seharusnya Anda menyerah dengan kondisi semacam itu, karena terdapat berbagai macam cara pengobatan yang bisa dipilih untuk bisa sembuh dari penyakit yang Anda derita.

Umumnya, gejala awal orkitis akan mempengaruhi selangkangan, yang mana selangkangan tersebut merupakan bagian tubuh yang berdekatan dengan testis yang terkena penyakit. Selain itu, adanya pembengkakan pada skrotum, testis seolah-olah terasa berat dan terasa lunak jika diraba. Kondisi semacam ini masih termasuk dalam kondisi yang normal, karena terdapat kondisi buruk yang mungkin kondisi seperti ini tidak ingin Anda harapkan terjadi pada diri Anda. Selain pembengkakan yang terjadi, kondisi buruk seperti keluarnya nanah disertai rasa nyeri saat buang air kecil akan dirasakan oleh penderita orkitis. Kondisi yang mengerikan bukan? terlebih kondisi seperti ini terjadi pada testis dan tentunya ini akan mengubur kehidupan seksual Anda.

Pada dasarnya, sakit bukanlah hal yang dikehendaki hadir di kehidupan seseorang. Sudah sepantasnya setiap orang berusaha mencari cara pengobatan untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Mengingat bahwa penyakit orkitis mengancam kesuburan pria atau infertilitas, maka sudah sepantasnya jika penderitanya sesegera untuk mencari pengobatan yang efektif guna menyembuhkan orkitis yang dideritanya.

Keharusan mencari pengobatan yang efektif merupakan sikap kesadaran diri pada setiap masing-masing orang. Apabila penderita orkitis tidak memiliki sikap kesadaran diri, maka sudah seharusnya mereka akan menyesalkan pilihan yang dijadikan sebagai keputusan. Tidak melakukan tindakan apapun guna mengobati penyakit yang dideritanya merupakan salah satu tindakan yang tidak seharusnya dilakukan. Lagipula banyak para dokter yang menawarkan jasanya, dimana Anda bisa memanfaatkan jasa dokter untuk bisa menyembuhkan penyakit yang Anda derita.

Kebanyakan jenis pengobatan yang dilakukan oleh penderita orkitis adalah dengan cara menyuntikan antibiotik agar penderita tidak merasakan rasa nyeri yang terjadi pada testisnya. Jenis pengobatan ini sering kali dipergunakan oleh para dokter untuk menangani pasiennya yang mengalami gangguan kesehatan pada testis atau orkitis.

Infertilitas atau ketidaksuburan mungkin akan hadir pada kehidupan penderita orkitis, meskipun penderita dinyatakan sudah sembuh dari orkitis yang dideritanya. Ini disebabkan akibat orkitis yang dideritanya pada masa lalu telah merusak bagian fungsi yang mana bagian ini sangat penting untuk menjaga kesuburan sperma. Oleh karenanya, pasca sembuh dari orkitis sangat disarankan untuk meminum suplemen guna meningkatkan kesuburan sperma.

Dalam rangka mengembalikan kesuburan sperma akibat orkitis, penderita disarankan untuk selalu menjaga pola makan dan meminum suplemen penyumbur sperma. Ini bisa diperoleh dengan cara rutin meminum SCOUNT, obat ini merupakan obat kuat herbal yang sengaja dikhususkan bagi mereka-mereka yang memiliki masalah dengan sperma dan kesuburannya.

Bahan herbal yang tergolong afrodisik yang menjadi bahan utama pembuatan obat kuat ini akan mengembalikan kejantanan Anda sekaligus meningkatkan kualitas, volume dan kekentalan sperma yang diproduksi didalam testis.

Kesehatan testis merupakan salah hal yang harus dijaga. Ini bukan hanya mempengaruhi kesehatan seksual Anda, namun gangguan kesehatan testis seperti orkitis juga akan mempengaruhi emosional Anda. Oleh karenanya, sikap kesadaran diri harus Anda terapkan guna menghindari hal-hal buruk yang tidak Anda inginkan.