4 Minuman Yang Buruk Bagi Kesehatan Seksual Pria

Kondisi kesehatan Anda dapat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Begitu juga kesehatan seksual, asupan nutrisi dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh yang bekerja untuk proses seksual. Pada pria, proses seksual dapat termasuk, gairah seks, mencapai ereksi, mempertahankan ereksi, dan mencapai ejakulasi. Apa yang Anda makan dan minum dapat mempengaruhi proses tersebut. Kali ini saya hanya akan membahas minuman-minuman yang buruk bagi kesehatan seksual pria.

Berdasarkan penelitiannya, para ahli telah mengidentifikasi beberapa jenis minuman yang berpengaruh buruk pada kesehatan seksual pria. Kebanyakan minuman-minuman tersebut akan mempengaruhi kesehatan jika dikonsumsi secara reguler, atau hampir setiap hari. Berikut adalah 4 minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan seksual pria.

1. Alkohol

Menurut sebuah studi Kasturba Medical College, India, yang dilakukan pada tikus jantan, alkohol menyebabkan kelainan morfologi sperma dan penurunan jumlah sperma. Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan (melewati titik intoksikasi) dapat memberi efek yang sama pada manusia. Selain itu, alkohol dapat mempengaruhi perubahan mental, emosional, dan sosial yang juga berdampak buruk pada kesehatan seksual pria.

2. Kopi

Kopi dapat berpengaruh ganda terhadap kesehatan seksual pria. Ada yang berpendapat kopi dapat meningkatkan vitalitas pria, namun ada juga pendapat, kopi berpengaruh buruk pada kesehatan seksual pria.

Berdasarkan pebelitian, minum secangkir kopi sekitar 1 hingga 3 jam sebelum berhubungan seks dapat meningkatkan motilitas sperma (aktifitas sperma). Namun penelitian lain yang dilakukan oleh Medical Research Council, Inggris, terlalu banyak minum kopi justru dapat menurunkan jumlah sperma. Ini disebabkan kopi mengandung tingkat tinggi phytoestrogen. Secara khusus, jenis phytoestrogen yang disebut isoflavon (yang seperti hormon seks wanita) bekerja dengan melawan hormon seks pria, sehingga produksi sperma terganggu dan berkurang. Konsumsi kafein yang berlebihan juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti sakit kepala, kelelahan, dan mungkin obesitas, yang dapat mempengaruhi kesehatan seksual secara tidak langsung.

3. Minuman Bersoda

Secara umum soda dianggap berdampak buruk bagi kesehatan seksual pria. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University Hospital, Copenhagen, Denmark pria yang minum soda secara reguler satu liter tiap hari, produksi spermanya akan berkurang sebanyak 30% dibanding pria yang tidak biasa minum soda.

Peneliti juga menyatakan, gula dalam soda mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan obesitas, kondisi yang dapat merusak vitalitas dan kinerja seksual pria. Sebuah studi lain yang diterbitkan dalam jurnal medis Fertility and Sterility menunjukkan bahwa bisphenol A, bahan kimia biasanya terdapat dalam botol soda plastik dan kaleng soda dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma dan kualitas sperma.

4. Mint Tea

Teh dikenal sebagai minuman dengan ribuan manfaat. Namun ternyata itu tidak berlaku untuk kesehatan seksual. Meskipun teh banyak manfaatnya, ada beberapa bukti bahwa teh mint mungkin memiliki dampak negatif pada kesehatan seksual pria dan wanita.

Menurut Healty Fellow, teh mint dapat menyeababkan perubahan hormonal dan penurunan testosteron. Pada pria, teh mint mempengaruhi hormon seks androgen. Androgen adalah adalah hormon yang mempengaruhi maskulinitas pria, termasuk pola pertumbuhan rambut, perubahan vokal dan kesuburan.