Mengobati Azoospermia Secara Alami, Aman, Dan Efektif

Azoospermia adalah kurangnya jumlah sel sperma dalam air mani. Azoospermia mempengaruhi sekitar 1% dari semua pria. Sistem reproduksi pria terdiri dari testikel atau testis, saluran mani, skrotum, prostat, epididimis, vas deferens dan penis. Sperma yang diproduksi di testis mengalir melalui epididimis, vas deferens, saluran mani dan keluar melalui penis. Sperma dialirkan oleh air mani, yang merupakan cairan putih kental yang dihasilkan oleh kelenjar prostat. Jika sperma dalam air mani jumlahnya tidak mencukupi, maka mani akan tampak encer saat diejakulasikan.

Azoospermia mungkin memiliki penyebab yang berbeda. Azoospermia Pre-testis disebabkan oleh kelainan pada hipotalamus, kelenjar hipofisis atau testis. Sedangkan azoospermia pasca-testis disebabkan oleh obstruksi (penyempitan saluran) atau karena masalah dengan ejakulasi. Cara yang lebih baik untuk mengkategorikan azoospermia adalah dengan mengklasifikasikan sebagai obstruktif dan non-obstruktif. Hal ini memungkinkan untuk penentuan yang lebih efektif dari pengobatan untuk pasien.

Azoospermia non-obstruktif mungkin memiliki masalah genetik yang berbeda. Azoospermia obstruktif dapat terjadi karena obstruksi epidididymal, penyempitan saluran ejakulasi. Vasektomi adalah penyebab umum dari penyempitan saluran ejakulasi, infeksi genitourinari, luka yang diderita disepanjang skrotum (operasi inguina), dan cacat bawaan. Malformasi arteriovenous skrotum (AVM) yang menyebabkan benjolan di skrotum juga dapat menyebabkan azoospermia. Jika Anda mengalami masalah azoospermia, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesuburan.

Diagnosis azoospermia dapat dibuat dengan bantuan tes diagnostik seperti biopsi testis. Ini merupakan tes terbaik untuk membedakan antara azoospermia obstruktif dan non-obstruktif. Hal ini juga dapat memprediksi tingkat sel sperma dalam kasus azoospermia non-obstruktif. azoospermia obstruktif tidak terlalu mempengaruhi kesuburan pria. Pengobatan untuk kasus tersebut mungkin melibatkan operasi korektif untuk menghilangkan obstruksi setelah konsepsi dapat dicapai melalui hubungan seksual yang normal. Pembedahan dapat memanfaatkan teknik bedah mikro untuk merekonstruksi vas deferens atau epididimis. Dalam kasus obstruksi duktus, ejakulasi dapat digunakan untuk melakukan reseksi transurethral untuk menghilangkan obstruksi.

Mikro hanya boleh dilakukan setelah pasangan wanita telah dievaluasi untuk infertilitas wanita. Dalam kasus lain, sel-sel sperma dapat diekstraksi dari organ reproduksi pria dan digunakan untuk in vitro fertilisasi (IVF). Namun, tidak satupun dari metode ini dapat memberi jaminan keberhasilan.

Tips Mencegah dan Mengurangi Resiko Azoospermia

Tidak ada obat alami untuk azoospermia yang belum terbukti secara ilmiah. Namun, ada pengobatan rumah tertentu yang dapat Anda coba bersama dengan pengobatan yang disarankan oleh dokter. Ini termasuk:

  • Berhenti merokok karena dapat menurunkan jumlah sperma
  • Hindari minum alkohol karena juga dapat menurunkan jumlah sperma
  • Hindari minum kopi dan minuman berkafein
  • Terapkan diet seimbang yang terdiri dari makanan bergizi dengan banyak buah-buahan dan sayuran
  • Tetap fit dengan berolahraga secara teratur
  • Hindari olahraga seperti angkat besi dan binaraga
  • Kenakan pakaian longgar setiap saat
  • Postur yoga tertentu untuk membantu meningkatkan kesuburan

Semua terapi diatas dilakukan untuk meningkatkan jumlah sperma. Jika jumlah sperma dalam air mani memadai, maka azoospermia dapat dicegah. Selain mengubah pola hidup yang lebih sehat, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi obat herbal penambah sperma. Obat herbal di bawah ini terbukti efektif menambah jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Obat-obat ini juga mengobati masalah sesuai dengan kondisi medis yang mungkin Anda alami.

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.