Mengatasi Sperma Encer Sama Artinya Dengan Meningkatkan Kesuburan Pria

Rendahnya jumlah sperma dalam air mani membuat mani/cairan sperma tampak encer, dan sperma encer adalah indikasi umum dari ketidaksuburan pria.

Jika Anda dan pasangan telah menikah selama setahun dan belum memiliki anak, pastikan Anda berdua melakukan uji infertilitas ke penyedia layanan kesehatan setempat. Umumnya, pria akan malu dan menuduh pasangan wanitanya yang mengalami kemandulan, dan akhirnya hanya wanita yang memeriksakan dirinya. Sebenarnya itu adalah cara yang salah, untuk mendapatkan hasil yang akurat sebaiknya Anda berdua melakukan tes bersama-sama untuk mengetahui siapa yang infertil sebenarnya. Ini akan memudahkan Anda berdua menerima pengobatan yang tepat dan efektif.

Jumlah pria yang memiliki sperma rendah dan infertilitas semakin meningkat setiap tahun di hampir seluruh dunia. Ada potensi yang sama bahwa infertilitas pria dapat menjadi penyebab wanita tidak dapat hamil. Pria meyebabkan 40% kasus pasangan infertil, wanita 40%, dan 20% sisanya disebabkan oleh keduanya. Sementara wanita harus melakukan banyak prosedur tes untuk penyebab infertilitas, pria memiliki hanya beberapa tes sperma untuk menguji.

Sekarang telah tersedia metode analisis air mani dirumah, namun ini tampaknya masih kurang umum di Indonesia. Untuk mendapatkan analisis yang lengkap dan hasil yang akurat sebaiknya Anda melakukan uji air mani dengan bantuan dokter.

Anda akan dianggap normal jika memiliki jumlah sperma 20 juta per mililiter air mani atau lebih sperma dengan mobilitas, motilitas dan morfologi yang sehat. Sebaliknya jika sperma dibawah 20juta permililiter air mani, Anda akan didiagnosis sebagai pria infertil dengan potensi sedikit membuahi sel telur pasangannya.

Jika Anda termasuk pria yang didiagnosis infertil, Anda jangan berkecil hati. Ada cara alami untuk meningkatkan jumlah sperma. Namun sebelumnya Anda perlu tahu penyebab menurunnya jumlah sperma yang menyebabkan mani encer.

Penyebab Sperma Rendah/Sperma Encer

Penyebab jumlah sperma rendah dan infertilitas pria sangat beragam. Berikut adalah daftar penyebab sperma yang telah terbukti melalui studi yang didampingi oleh para ahli terkait.

  • EMF. Frekuensi elektromagnetik (EMF) telah terbukti (melalui studi) dapat menurunkan jumlah sperma dan menyebabkan sperma encer. Pemanasan testis dari EMF membuat produksi sperma terganggu. Jangan menyimpan ponsel di saku Anda dan jangan menempatkan komputer laptop di pangkuan Anda.
  • Merokok. Merokok merusak sperma dengan banyak cara, dari penurunan hormon hingga menghambat aliran darah ke alat kelamin. Kabar baiknya, jika Anda berhenti merokok, produksi sperma kemungkinan besar akan kembali normal.
  • Pestisida dan hormon dalam makanan. Pestisida yang ditemukan pada produk makanan dan hormon yang ditambahkan ke susu atau daging, memiliki efek negatif pada keseimbangan hormon pria. Pestisida meniru estrogen dalam tubuh sedangkan hormon yang ditambahkan ke daging dan susu adalah hormon yang sebenarnya (seperti estrogen). Kelebihan enstrogen dapat merusak sperma.
  • Kedelai. Makanan kedelai meniru estrogen dalam tubuh juga. Bagi pria xenohormones dapat menghilangkan testosteron.
  • Alkohol. Dalam sebuah penelitian terhadap pria dengan kualitas sperma yang buruk, konsumsi alkohol yang berlebihan dikaitkan dengan penurunan jumlah secara signifikan.
  • Plastik. Ketika plastik dipanaskan, maka akan melepaskan xenohormones yang meniru estrogen di dalam tubuh.
  • Pakaian Ketat. Testis perlu menjaga sperma pada suhu yang sehat (yang lebih rendah dari suhu tubuh). Pakaian ketat seperti celana jeans dapat membuat suhu testis meningkat, dan jika suhu terlualu tinggi sperma yang dihasilkanpun cenderung berkurang dan tidak sehat.
  • Bak air panas/naik sepeda. Sama seperti pakaian ketat, mandi air panas dan bersepeda terlalu lama juga dapat meningkatkan suhu testis.
  • Stres. Stres berdampak besar pada keseimbangan hormon yang dapat berdampak pada produksi sperma.
  • Kondisi medis. Beberapa penyakit termasuk, diabetes, kolesterol tinggi, dan darah tinggi, dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma yang ditandai dengan cairan sperma encer. Kondisi mendis tersebut berdampak negatif pada sperma dengan mengganggu produksi sperma, mengurangi hormon yang dibutuhkan testis untuk produksi sperma, dan menghambat sistem kardiovaskular tubuh.

Bagaimana Cara Mengatasi Sperm Encer?

Mengatasi sperma encer sama artinya dengan meningkatkan kesuburan pria. Umumnya ada dua cara, yaitu dengan pengobatan konvensional dan pengobatan herbal(alternatif). Meski kadang memberi hasil yang instan dan cepat, obat konvensional dikaitkan dengan berbagai efek samping yang menyebabkannya. Sehingga, sekarang banyak orang yang beralih ke pengobatan herbal.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini banyak ditemukan obat herbal yang di jual di pasaran. Dan Anda harus pintar memilih obat yang terbaik untuk Anda. Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa obat yang terbukti efektif mengatasi masalah seksual pria, tidak hanya aman dan alami, obat-obat ini juga mengobati masalah sesuai kondisi medis yang Anda alami.

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.