Mengapa Spermatogenesis Menjadi Sangat Penting Untuk Dijaga Saat Masa Pematangan Sperma

Berbicara tentang reproduksi dan kesehatan seksual pasti erat kaitannya dengan spermatogenesis, namun apakah pengertian dari spermatogenesis itu sendiri.

Secara garis besar Spermatogenesis adalah proses pembentukan serta pemasakan spermatozoa. Proses tersebut sangat kompleks yaitu ketika stem-sel multipoten pria yang primitif membelah membentuk sel anak yang kemudian menjadi spermatozoa.

Spermatozoa sendiri adalah sel seks pria atau gamet yang membuahi sel telur wanita atau ovum yang melakukan reproduksi secara seksual,hal ini bukan hanya terjadi pada manusia saja namun juga terjadi pada hewan dan beberapa jenis tanaman. Pada umumnya sel-sel berkembang dengan membentuk organisme multiseluler, spermatozoa memiliki bagian yang terdiri dari kepala dan setidaknya satu flagela atau ekor, yang memungkinkan spermatozoa untuk bergerak secara bebas. Kepala spermatozoa memiliki sedikit sitoplasma dibandingkan dengan sel-sel yang lain dan membawa kromosom sangat padat di dalam intinya. Seperti halnya semua sel-sel kelamin, sel sperma haploid, hanya mengandung setengah jumlah kromosom khas spesies yaitu 23 kromosom.

Proses spermatogenesis terjadi dalam tubulus seminiferus yang terdapat didalam testis. Proses pembentukan gamet atau sel kelamin sendiri disebut dengan gametogenesis (proses peng-gamet-an). Proses pembelahan sel dibagi menjadi duayaitu mitosis dan meiosis. Mitosis adalah proses penggantian sel yang rusak pada tubuh manusia dengan menggantinya dengan sel baru, sedangkan yang terjadi pada gamet atau sel kelamin sebagai agen utama dalam proses reproduksi manusia adalah proses pembelahan dengan metode meiosis. Dari hal tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa pembelahan mitosis menghasilkan sel baru yang memiliki jumlah kromosom yang sama persis dengan jumlah sel induk yakni bersifat diploid (2n) yaitu 23 pasangtau bisa dikatakan memiliki 46 buah kromosom, sedangkan yang terjadi pada pembelahan meiosis jumlah kromosom yang terbentuk pada sel baru hanya bersifat haploid (n) yaitu 23 kromosom.

  1. Sel sperma yang bersifat haploid (n) terbentuk di dalam testis dengan melewati proses yang kompleks. Pada tubulus seminiferus testis terdapat :Sel-sel induk spermatozoa atau spermatogonium,
  2. Sel Sertoli yang berfungsi memberi makan spermatozoa,
  3. Sel Leydig yang terdapat di antara tubulus seminiferus yang berfungsi menghasilkan testosteron.

Proses di dalam pembentukan spermatozoa juga sangat dipengaruhi oleh kerja beberapa hormon. Hormon-hormon tersebut yaitu hormon perangsang folikel (Folicle Stimulating Hormone/FSH), hormon ini dihasilkan oleh Kelenjar hipofisis. Hormon lainnya yaitu hormon lutein (Luteinizing Hormone/LH) yaitu hormon dengan berkas genetik CGALHB, yang dikeluarkan oleh gonadrotop. Kerja dari LH adalah merangsang sel Leydig untuk menghasilkan hormon testosteron. androgen/testosteron memacu tumbuhnya sifat kelamin sekunder ketika telah menginjak masa pubertas.

FSH merangsang sel Sertoli untuk menghasilkan ABP (Androgen Binding Protein) yang akan memacu spermatogonium untuk memulai proses spermatogenesis. Selain mengalami proses spermatogenesis juga terjadi proses pemasakan spermatosit menjadi spermatozoa yang disebut dengan spermiogenesis yang terjadi dalam proses spermatogenesis. Spermiogenesis terjadi di dalam epididimis dan butuh waktu selama 2 hari.

Dari penjabaran di atas sangat terlihat jelas bahwa spermatogenesis sangatlah kompleks dan tentunya hasilnya akan semakin maksimal jika dibantu dengan suplemen pendukung dan penyerta dari luar.

Suplemen pendukung tambahan guna membantu mensukseskan proses spermatogenesis adalah suplemen yang apabila dikonsumsi maka akan meningkatkan kualitas sperma baik dari segi jumlah maupun dari segi kekentalan.

Kualitas sperma yang sangat baik atau bisa dikatakan varietas unggul adalah sperma yang memiliki tingkat kekentalan dan jumlah yang sangat memadai. Tingkat kekentalan tersebut sangat dipengaruhi oleh jumlah sperma yang sangat banyak yang disertai dengan media pelumas (semen) yang banyak pula namun dengan kadar campuran sperma agak banyak.

Untuk mengentalkan sperma bisa diperoleh dengan mengkonsumsi obat herbal penambah sperma,mengapa harus obat herbal? Karena dengan pengkonsumsian obat herbal maka konsumen akan tetap berada pada zona aman pengkonsumsian obat. Obat herbal pengental sperma terbaik adalah SCOUNT yang bisa diperoleh dengan mengunjungi toko obat herbal online.

Sedangkan untuk membantu meningkatkan jumlah sperma agar mencapai jumlah yang optimal bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penambah sperma SCOUNT. SCOUNT juga terbuat dari 100% bahan herbal alami, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Untuk mendapatkan salah satu produk ataupun kedua produk tersebut silakan kunjungi laman toko herbal online ini. Jangan sia-siakan kesempatan anda untuk memiliki momongan. Salam sehat herbal.