Mengapa Akohol Menyebabkan Kemandulan?

Infertilitas dan alkohol, mengetahui efek fisik alkohol pada kesehatan infertilitas. Alkohol telah menjadi bagian dari budaya manusia di seluruh dunia dari dulu. Ilmuwan telah menemukan bukti bahwa anggur sudah ada sejak zaman Cina kuno yang dikemas dalam fragmen guci 9000 tahun yang lalu. Orang-orang telah menyertakan alkohol sebagai bagian dari perayaan penting, upacara keagamaan, dan sebagai persembahan untuk dewa dan nenek moyang mereka!

Berbeda dengan dulu, sekarang minuman beralkohol tidak lagi digunakan untuk peristiwa penting. Kita bisa mendapatkan minuman beralkohol dengan mudah. Bahkan, dibeberapa negara, alkohol sudah biasa menjadi sajian makan malam.

Terlepas dari sejarahnya, penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol dapat berdampak buruk pada organ tubuh, terlebih jika berlebihan mengkonsumsinya. Secara signfikan alkohol dapat mempengaruhi kinerja jantung, hati, dan organ reproduksi.

Ada Hubungan yang Pasti Antara Infertilitas dan Alkohol

Minum alkohol dapat menurunkan atau menunda kesempatan Anda memulai sebuah keluarga! Ini terbukti secara ilmiah bahwa penyalahgunaan alkohol dapat merusak sistem reproduksi. Sejumlah studi menunjukkan bahwa semakin tinggi konsumsi alkohol, semakin kecil kesempatan yang Anda miliki untuk hamil!

Penelitian baru menunjukkan, bahkan konsumsi ringan alkohol juga mempengaruhi kesehatan infertilitas. Apa yang digolongkan sebagai konsumsi ringan bervariasi dengan pedoman kesehatan di negara-negara yang berbeda. Namun bagi perempuan, akan lebih berisiko mengembangkan kondisi medis terkait alkohol, meskipun hanya mengkonsumsi sedikit. Faktanya adalah, bahwa jika Anda dan pasangan mencoba untuk memiliki bayi, tidak ada level aman yang pasti dari konsumsi alkohol dalam hal kesuburan.

Bagaimana Alkohol Menyebabkan Infertilitas/Kemandulan?

Salah satu efek fisik yang paling umum dari alkohol adalah deplesi vitamin dan mineral. Tubuh kurang mampu menyerap dan memproses nutrisi penting yang diperlukan untuk sistem reproduksi kita.

Alkohol memang mengandung karbohidrat murni, tetapi tidak memiliki vitamin atau kandungan mineral (yang diperlukan untuk memecah karbohidrat). Sistem tubuh kemudian akan menarik keluar vitamin dan mineral dari bagian tubuh lain. Ini akan menguras nutrisi vitamin dan mineral, sehingga terjadi deplesi. Inilah salah satu alasan mengapa alkohol menyebabkan kemandulan, karena kesehatan kesuburan kita sangat bergantung pada berbagai nutrisi.

Hati bertindak sebagai organ yang menyaring dan melindungi tubuh dari racun. Alkohol dapat mengganggu proses detoksifikasi ini. Hati dapat menjadi lemah jika Anda terlalu banyak minum, karena hati bekerja terlalu keras berusaha untuk memetabolisme alkohol. Metabolisme yang terganggu menyebabkan kinerja organ tubuh, termasuk organ repriduksi juga terganggu.

Konsumsi alkohol menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Tubuh kita memiliki kelompok hormon dalam tubuh yang disebut estrogen (yang meliputi estradiol, estrone, dan estriol). Hormon-hormon ini digolongkan sebagai 'hormon steroid' yang menjadi bagian penting dari fungsi seksual yang berbeda bagi pria dan wanita.

Organ hati yang bekerja terlalu keras menyebabkan kelebihan terbentuknya esterogen (hati yang sehat biasanya akan membantu untuk mengatur hormon ini). Hal ini menempatkan hormon estrogen/ progesteron tidak seimbang, sehingga memungkinkan masalah dominasi estrogen dan penyakit yang dapat memiliki dampak besar pada kesehatan reproduksi.
Situasi ini akan semakin buruk jika kita dikelilingi zat kimia yang menyerupai estrogen. Zat kimia ini secara tidak sengaja tertelan, diserap melalui kulit kita, atau dihirup, sehingga hati akan bekerja lebih keras. Paparan estrogen tiruan dapat Anda temukan di plastik, pestisida, dan hormon dalam makanan.

Alkohol Menyebabkan Infertilitas Pria

Pria yang minum secara teratur lebih rentan terhadap masalah ereksi. Alkoholisme jangka panjang dapat menyebabkan impotensi permanen. Konsumsi alkohol menghabiskan seng yang penting bagi kesuburan pria. Seng dibutuhkan dalam konsentrasi tinggi pada sperma untuk membentuk lapisan luar dan ekor sprema. Kekurangan seng adalah penyebab umum dari jumlah sperma rendah.

Alcoholics memiliki sangat rendah vitamin C dalam tubuh mereka, karena sebagian besar nutrisi ini digunakan melawan efek racun alkohol. Vitamin ini sangat penting bagi sel-sel sperma, karena melindungi mereka dari kerusakan oxitive, dan membantu menghentikan aglutinasi (penggumpalan sperma bersama-sama).

Gangguan hati menyebabkan pengeluaran hormon esterogen lebih banyak, dan menurunkan pelepasan (prekursor testosteron). Produksi sperma dapat terpengaruh oleh ketidakseimbangan ini. Ketidakseimbangan estrogen juga dapat menyebabkan pembesaran payudara(ginekomastia), atau pembesaran prostat (lebih umum untuk pria tua).

Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol adalah faktor utama terhadap kerusakan sel sperma atau deplesi, yang berarti jumlah sperma yang rendah, mengurangi motilitas, morfologi sperma yang abnormal, dan tentu saja sperma encer. Alkoholisme akut, bahkan dapat menyebabkan kelainan sel sperma permanen dan kerusakan prostat.

Alkohol Juga Mempengaruhi Infertilitas Wanita

Ketidakseimbangan hormon mengganggu seluruh proses siklus ovulasi/menstruasi. Inilah mengapa alkohol dan kesuburan wanita berhubungan erat, meski dalam hal negatif. Secara umum alkohol dapat menyebabkan:

  • Anovulasi (kurangnya ovulasi dengan periode).
  • Amenore (siklus menstruasi berhenti).
  • Oligomenore (haid tidak teratur).
  • Fase luteal disfungsi - kelainan dari lapisan endometrium rahim, yang dapat menyebabkan keguguran.
  • Alkohol terinduksi hiperprolaktinemia. Alkohol menyebabkan kelebihan hormon prolaktin dalam darah (kondisi ini lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria). Selain mengganggu menstruasi, gejala lain mungkin termasuk keluarnya air susu pada wanita non-menyusui dan hilangnya libido.

Meski yang tidak bisa hamil adalah wanita, pasangan pria memiliki andil yang setara. Sama seperti wanita, sebanyak 40% kasus infertilitas disebabkan kemandulan pria. Dan penyebab umum dari kemandulan pria adalah rendahnya jumlah sperma dan air mani/sperma encer. Ini mengindikasikan kurangnya kualitas dan kuantitas sperma untuk membuahi sel telur.

Kurangnya sperma dan mani/scairan sperma encer dapat diatasi dengan obat herbal. Obat herbal mengandung ekstrak tumbuhan pilihan yang telah dipercaya dari zaman dulu dan terbukti mampu meningkatkan gairah seks pria, ereksi kuat tahan lama, menambah jumlah sperma, mengentalkan air mani, dan tentunya meningkatkan kesuburan pria.

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.