Senam Kegel Untuk Pria: Memahami Teknik Dan Manfaatnya

Senam kegel adalah senam yang diciptakan Arnold Kegel untuk untuk membantu meningkatkan kontrol kandung kemih dan meningkatkan kinerja seksual. Berikut adalah panduan untuk melakukan senam Kegel dengan benar.

Senam Kegel Pada Pria

Senam kegel pria ditujukan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul yang mendukung kandung kemih dan usus dan mempengaruhi fungsi seksual. Senam Kegel pria bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Misalnya saat duduk di kursi kerja, santai di sofa, mengendarai mobil, dna lain-lain. Sebelum Anda mulai melakukan senam Kegel, sebaiknya Anda tahu bagaimana untuk menemukan otot yang benar dan memahami teknik yang tepat.

Manfaat Senam Kegel untuk Pria

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul Anda, termasuk operasi pengangkatan prostat (prostatektomi radikal) dan kondisi seperti diabetes dan kandung kemih overaktif. Anda mungkin mendapat manfaat dari melakukan senam Kegel jika Anda:

  • Memiliki gangguan kemih atau inkontinensia fecal, tidak dapat menahan kencing.
  • Mengalami gangguan atau sering buang air kecil.

Beberapa studi menunjukkan bahwa senam Kegel untuk pria juga mungkin bermanfaat mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi. Namun, penelitian lebih lanjut sangat diperlukan, karena banyak ahli yang menyangkalnya.

Bagaimana Melakukan Senam Kegel untuk Pria?

Dibutuhkan ketekunan untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda dan memahami bagaimana untuk kontraksi dan relaksasi otot. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Menemukan otot yang tepat. Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda, ambil gerakan seperti menahan buang air kecil atau mengencangkan otot-otot yang dapat menahan buang gas (kentut). Jika belum jelas lakukan ini sambil telanjang di depan cermin. Jika otot panggul Anda kontraksi, penis akan bergerak lebih dekat ke perut dan testikel(testis) akan naik.
  • Sempurnakan teknik Anda. Jika Anda telah menemukan otot-otot dasar panggul Anda, kosongkan kandung kemih (buang air kecil) kemudian berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan terpisah. Kencangkan otot-otot dasar panggul, tahan kontraksi selama tiga detik, kemudian rileks selama tiga detik. Ulangi teknik ini beberapa kali, tapi jangan berlebihan. Ketika otot-otot Anda lebih kuat, cobalah melakukan senam kegel sambil duduk, berdiri atau berjalan.
  • Fokus. Untuk hasil terbaik, fokuslah hanya pada pengetatan otot panggul Anda. Berhati-hatilah mengencangkan (kontraksi) otot-otot di perut, paha atau bokong. Jangan menahan napas, sebaliknya, bernapaslah dalam-dalam selama senam.
  • Ulangi 3 kali sehari. Bertujuan untuk setidaknya tiga set (10 kali penguangan) per hari.

Beberapa Contoh Gerakan Senam Kegel Untuk Pria

Itulah beberapa teknik melakukan senam kegel. Untuk manfaatnya, senam kegel dipercaya dapat membantu pria dan wanita yang mengalami inkontinensia, ketidakmampuan menahan urin. Fungsi kegel yang berkaitan dengan menyembuhkan disfungsi ereksi (impotensi) masih menjadi kontroversi. Sebagian ahli setuju bahwa senam kegel mampu mengatasi disfungsi ereksi, namun sebagian lain menyangkalnya. Meskipun Anda ragu, senam kegel terbukti memiliki manfaat, paling tidak untuk mengencangkan otot panggul.