Hati-hati! Mandi Air Panas Bisa Merusak Sperma Anda

Banyak pria pergi ke sauna dengan tujuan menurunkan berat badan. Namun tahukah Anda, paparan suhu ekstrim, seperti di sauna dapat mempengaruhi jumlah sperma pria.

Mandi Air Panas (Mandi Uap, Sauna) dan Infertilitas

Dr Collins Tusingwire, asisten komisaris kesehatan reproduksi dalam pelayanan kesehatan dan Dr Josephat Byamugisha, kepala ginekologi dan kebidanan di Rumah Sakit Mulago, memperingatkan pria terhadap mengunjungi sauna, karena hal ini dapat menyebabkan infertilitas.

The Chinese Society of Obstetri dan direktur Ginekologi, Dr Xu Deyi, dalam sebuah artikel online terbaru berjudul Sauna Mempengaruhi Kesuburan Pria, mengatakan bahwa pria yang menghabiskan banyak waktu di lingkungan sauna rentan memiliki sperma mati, sperma lemah dan penyakit lainnya, yang menyebabkan infertilitas .

Dr Charles Kiggundu, seorang konsultan ginekolog dan dokter kandungan di Rumah Sakit Mulago dan Universitas Makerere College of Health Sciences, menjelaskan bahwa duduk dalam waktu yang lama di sauna atau berendam di air panas membuat alat kelamin pria berada pada suhu terlalu panas, sehingga pengembangan sperma menjadi buruk, dan pada akhirnya, sperma yang keluar sedikit atau mani menjadi encer.

Menurut Kiggundu, gonad (testis) yang memproduksi sperma tersembunyi dalam janin 'perut selama kehamilan. Saat lahir, mereka keluar dan menetap di skrotum menggantung. "Skrotum tidak memiliki lemak dan pembuluh darah. Hal ini untuk memastikan bahwa testis disimpan pada suhu lebih rendah dari suhu tubuh normal, "jelas Kiggundu. Artinya, semua aktivitas dalam testis haruslah pada suhu lebih rendah dari suhu tubuh.

Suhu Tinggi Membuat Pertumbuhan Sperma Tidak Kondusif

Suhu normal tubuh adalah 37 C, skrotum membutuhkan suhu antara 35,5C hingga 36C untuk beroperasi secara normal. Namun, Kiggundu menjelaskan bahwa suhu testis 'bisa naik jika skrotum ditekan oleh tubuh untuk waktu yang lama, misalnya karena celana ketat, bersepeda, atau mandi uap berlebihan.

"Seorang pria membutuhkan satu sperma untuk membuahi sel telur, tetapi jika ia tidak memiliki 20 juta sperma per satu mililiter, ia akan menemukan masalah dalam gairah seks terhadap pasangannya karena jumlah sperma akan rendah."

Selain mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan, Kiggundu mengatakan, Mandi air panas berlebihan juga dapat melemahkan sperma. Hal ini menghambat gerakan sperma karena mereka tidak akan dapat berenang melalui saluran tuba untuk membuahi sel telur.

"Beberapa orang cenderung berpikir bahwa ejakulasi saja sudah cukup untuk menyebabkan kehamilan. Namun tidak terjadi pembuahan pada titik yang tepat dari vagina di mana penis ejakulasi. Sperma harus berenang melalui tuba falopi untuk bertemu telur, "ia menekankan.

Sperma lemah Abnormal seperti tanpa ekor, kepala kecil, meruncing atau bengkok dan sperma dengan ekor melengkung atau double cenderung kesulitan berenang melalui saluran tuba untuk membuahi sel telur. Kiggundu mengatakan meskipun ada penyebab alami dan faktor-faktor lain yang menyebabkan bentuk sperma yang buruk, perubahan gaya hidup dan pencemaran lingkungan dapat meningkatkan masalah.

Selain itu, faktor medis seperti gangguan saraf, kardiovaskular, dan masalah psikologis juga mempengaruhi kesehatan seksual pria. Penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan juga masalah psikologis seperti stres, depresi, marah, lelah pikiran, dan lain-lain. Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa kondisi medis tersebut, dan Anda memiliki sperma encer, besar kemungkinan masalah Anda disebabkan kondisi medis yang And alami.

Adakah Cara Alami untuk Meningkatkan Jumlah Sperma?

Kebanyakan orang mencari obat alternatif untuk mengobati masalah sperma. Sebenarnya, perawatan dan obat sintetis telah tersedia untuk mengatasi jumlah sperma rendah, namun mungkin karena efek samping yang ditimbulkan atau biaya yang dikeluarkan terlalu mahal, banyak pria yang beralih ke pengobatan herbal.

Untuk memilih perawatan herbal, Anda sebaiknya memilih obat yang sesuai dengan kondisi medis yang mungkin Anda alami. Berikut adalah beberapa obat terbaik yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah sperma (sperma encer).

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma dan mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.