Ketika Wanita Tidak Bisa Orgasme

Sekitar 10% wanita tidak pernah mengalami orgasme, baik ketika berhubungan seksual bersama pasangan maupun ketika melakukan masturbasi. Beberapa dari mereka mungkin akan melakukan berbagai cara dan terapi agar bisa mencapai orgasme saat berhubungan intim. Namun, yang paling penting adalah berlatih untuk mengembangkan keseimbangan antara ketegangan dan relaksasi selama aktivitas seksual.

Bagaimana cara menyeimbangkan rasa tegang dan santai secara bersamaan?

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keseimbangan antara ketegangan dan relaksasi, yaitu:

1. Tense up

Jenis ketegangan yang membantu wanita mencapai orgasme adalah ketegangan otot (myotonia). Banyak wanita memiliki kesan yang salah bahwa mereka harus rileks dan hanya berbaring di tempat tidur, karena mungkin mereka pernah mendengar mitos relaksasi saat bercinta adalah penting. Tapi ternyata bahwa ketegangan otot sering diperlukan untuk mendapatkan orgasme.

Tidak mengherankan saat beberapa wanita melaporkan bahwa kontraksi otot saat orgasme yang paling merangsang berada di panggul  bagian bawah. Ini adalah otot yang sama saat wanita menekan dan menghentikan aliran urin (kontraksi ini disebut latihan Kegel).

Apa hubungan antara menegangkan otot dengan orgasme?

Gairah. Penegangan otot-otot tertentu dapat meningkatkan aliran ke seluruh tubuh dan sering ke daerah genital. Dan ketika itu terjadi, wanita akan memiliki gairah yang merupakan jalan untuk membantu mencapai orgasme.

2. Wind Down

Saat berhubungan seks, wanita harus difokuskan hanya pada merasakan sensasi dari rangsangan. Kata-kata romantis dan terkesan genit juga mampu memberikan efek relaksasi pada wanita. Misalnya mengucapkan "Aku mau kamu" atau "Kamu benar-benar hebat malam ini". Kata-kata ini membuat otak mereka merasa rileks dan pikiran akan mendorong gairah seksual yang positif. Hindari memiliki pikiran negatif saat berhubungan seksual karena akan menurunkan gairah.

Masalah lain ketika wanita tidak bisa mencapai orgasme mungkin karena adanya masalah medis. Terapi dapat membantu beberapa wanita yang mengalami kesulitan dalam orgasme. Kondisi medis atau efek samping dari beberapa jenis obat juga akan berpengaruh pada hubungan seksual Anda. Konsultasikan kondisi Anda pada dokter adalah cara yang tepat untuk mengetahui penyebab Anda tidak bisa orgasme.