Kerugian Melakukan Masturbasi

Siapa diantara dari Anda (pembaca artikel ini) yang tidak pernah melakukan masturbasi? Tentu setiap orang pernah melakukan masturbasi, karena mengakui diri melakukan kegiatan masturbasi adalah hal yang memalukan, sehingga Anda bersifat lebih tertutup. Namun pada kenyataanya dari Anda semua belajar untuk masturbasi pada usia remaja dan kegiatan ini sering kali disalahgunakan karena beberapa diantara pria melakukan masturbasi hampir setiap hari. Tindakan masturbasi memungkinkan seorang pria maupun wanita untuk memahami seksualitas dan apa yang dilakukannya hanyalah untuk mendapatkan kesenagan pribadi. Namun selama masturbasi, terutama kaum pria, hal semacam ini dapat menurunkan sensasi penis dan sensitivitas penisnya.

Bagaimana masturbasi dapat mempengaruhi sensasi penis?

Masturbasi pada pria atau yang lebih dikenal dengan sebutan onani adalah kegiatan untuk menyenangkan diri pribadi, kegiatan semacam ini bila dilakukan secara rutin akan merusak jaringan saraf dan pembuluh kapiler pada penis, sehingga kondisi tersebut dapat mengurangi sensitivitas pada penis. Hal tersebut juga menyebabkan kulit penis menjadi lebih tebal dan mengeras sehingga mengurangi sensasi penis.

Selain itu, ketika seorang pria mengkondisikan dirinya rutin melakukan masturbasi, maka hal tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya hormon yang berlebihan dan pada gilirannya, kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi stres, sehingga gangguan psikologis atau stress yang dialaminya dapat mempengaruhi proses ereksi.

Gaya hidup yang sehat adalah gaya hidup yang seimbang dan berkecukupan, dan ini berarti sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Misal, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, rutinitas semacam ini dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Dan kondisi yang sama juga berlaku untuk masturbasi, apabila seseorang melakukan kegiatan masturbasi yang berlebihan, maka kegiatan tersebut akan menyebabkan hilangnya sensasi penis.

Berapa kali seorang pria boleh masturbasi dalam seminggu?

Masturbasi 2 sampai 3 kali dalam seminggu dianggap normal, lebih dari jumlah tersebut dapat menyebabkan menurunnya sensasi penis dan sensitivitas penis serta kerusakan pada fisiologis. Namun hal semacam ini juga tergantung pada bagaimana seseorang melakukan masturbasi.

Rasa ingin mengulang secara berulang-ulang kali ketika melakukan orgasme adalah bentuk kecanduan seksual atau kecanduan untuk masturbasi. Biasanya hal semacam ini terjadi karena seseorang terlalu terburu-buru atau tidak bisa mengendalikan perasaaan gembira yang dialaminya ketika mencapai klimaks. Kondisi semacam ini dikaitkan dengan fakta bahwa otak manusia melepas endorfin dan bahan kimia lainnya ke dalam tubuh ketika orgasme atau ejakulasi, dan kondisi ini memposisikan seseorang untuk merasakan kesenangan atau kenikmatan yang puncak. Meskipun kegiatan atau kecanduan masturbasi adalah sifat yang alami layaknya seseorang kecanduan narkoba atau obat-obatan terlarang, namun kegiatan masturbasi yang berlebihan juga akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan penis.

Ketika melakukan masturbasi, tentu saja kegiatan ini akan memberikan kesenangan atau kenikmatan bagi seseorang yang melakukannya, namun tanpa disadari, kegiatan semacam ini akan memberikan kerugian bagi seseorang yang melakukannya. Pria yang lebih sering melakukan masturbasi, biasanya ia akan mengalami keluhan maupun kelemahan seksual, misalnya turunya kinerja seksual. Hal semacam ini dapat terjadi karena seseorang melakukan masturbasi dan berejakulasi dengan waktu yang relatif cepat, sehingga hal ini juga akan menghasilkan klimaks yang cepat dan tentu saja hal ini akan berdampak buruk terhadap hubungan seksual, dimana pasangan wanita tidak akan puas dengan kinerja seks yang Anda berikan.

Apakah masturbasi akan memperburuk tampilan penis?

Ketika melakukan masturbasi, gerakan atau gesekan demi gesekan Anda lakukan demi memberikan stimulus pada organ vital Anda agar Anda mancapai orgasme. Tanpa Anda sadari, kegiatan masturbasi semacam ini dapat memperburuk kulit penis Anda, padahal penis merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi seorang pria. Jika penampilan penis terlihat buruk, baik kusam maupun kusut, kondisi ini tentu saja tidak disukai oleh pasangan wanita Anda.

Oleh sebab itu, ketika melakukan masturbasi sangat disarankan untuk mempergunakan pelumas atau obat oles agar ketika terjadi gesekan ketika Anda melakukan masturbasi, kondisi tersebut tidak merusak kulit penis Anda. Petingnya untuk mempergunakan pemulas atau obat oles ketika masturbasi adalah guna mencegah terjadinya kerusakan pada kulit penis dan juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat masturbasi.