Kandidiasis Sakit Seperti Sariawan di Vagina

Definisi dari kandidiasis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur candida. Jamur candida merupakan spesies yang paling umum ditemukan pada rongga mulut dan ini merupakan flora normal. Jenis jamur ini bisa menginfeksi beberapa bagian tubuh, termasuk pada daerah keintiman manusia.

Jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur candida ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Pada pria yang diketahui mengidap penyakit yang disebabkan oleh jamur candida bisa menularkan penyakit yang dideritanya pada pasangannya melalui aktivitas seksual. Peringatan bagi Anda yang sering mempergunakan pakaian ketat. Pada dasarnya, jamur candida dapat berkembang biak dengan mudah akibat penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak bisa menyerap panas. Kondisi pakaian semacam itu dapat mencegah ventilasi alami, akibatnya jamur, kuman dan bakteri dapat melakukan perkembangbiakan dengan mudah.

Dampak perkembangbiakan jamur candida pada tubuh wanita akan menyebabkan rasa nyeri, gatal dan panas serta kemerahan layaknya “sariawan” pada vagina, dubur (anus) dan vulva. Apabila seorang wanita terinfeksi jamur penyebab kandidiasis, maka sepatutnya untuk sesegera mengambil tindakan untuk mengobatinya. Bukan hanya rasa nyeri, gatal dan pasan saja yang akan dirasakan oleh penderita, keputihan juga akan dialami oleh penderita bersamaan dengan rasa nyeri ketika sedang melakukan hubungan seksual.

Kondisi berbeda dialami oleh kaum pria, dimana jika telah diketahui jamur candida menginfeksi bagian tubuhnya terlebih pada organ genitalnya, maka penderita akan merasakan gejala-gejala seperti pembengkakan yang disertai rasa sakit pada ujung penis. Bersamaan pembengkakan yang terjadi, kondisi penis juga terasa gatal, kering dan kulit penis terkelupas hingga menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil. Dampak dari rasa sakit yang dirasakan tersebut akan menjalar pada bagian lainnya seperti skortum dan paha.

Mereka-mereka yang diketahui memiliki kekebalan tubuh yang lemah dapat berisiko terserang jamur candida. “Apabila diketahui dalam tubuh seseorang terdapat jamur candida dan seseorang yang terserang jamur tidak sesegera mengambil tindakan guna membunuh jamur tersebut. Maka, jamur candida yang telah berkembangbiak didalam tubuh penderita akan mematikan keefektifan obat yang diminum oleh penderita kandidiasis”, kata Dr Carol Munro. Ini artinya, jika keefektifan obat tidak bekerja sebagaimana normalnya, maka akan dengan mengubah struktur sel dan bisa menyebarkan infeksi lebih luas.

Dianjurkan kepada pasangan yang sudah menikah untuk aktif dalam melakukan pemeriksaan diri secara pribadi. Ada baiknya kedua pasangan melakukan pengecekan di laboratorium dengan menguji sampel lendir uretra yang dihasilkan oleh pria dan wanita. Ada baiknya pasangan wanita sadar diri dengan melakukan pemeriksaan pap smear guna menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkannya.

Apabila salah satu dari pasangan diketahui telah terserang jamur candida, maka dengan tindakan memeriksakan diri tersebut akan menyelamatkannya dari dampak buruk yang akan dialaminya. Umumnya, jika telah didapati jamur candida pada pasiennya, maka tindakan yang paling umum dilakukan oleh dokter adalah dengan cara memberikan antibiotik atau anti jamur yang sesuai dengan jenis jamur atau bakteri yang telah ditemukan didalam tubuh ketika dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Untuk cara yang lebih efektif, seseorang juga bisa mencegah perkembangbiakan jamur dengan cara memperbaiki pola makan. Pola makan yang sehat tidak hanya dilakukan guna mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Pasalnya, terdapat berbagai macam manfaat yang akan didapatkan oleh pelakunya jika bisa menerapkan pola makan yang sehat.

Mengkonsumsi makanan yang diketahui kaya akan serat seperti yoghurt , bawang bombay, lobak dan kubis merupakan salah satu tindakan yang terbilang cukup baik dan alami untuk bisa mencegah berkembangbiaknya jamur didalam tubuh. Yoghurt merupakan jenis minuman yang diyakini mengantung bakteri lactobacillus, dimana bakteri ini merupakan salah satu jenis bakteri baik yang akan membunuh jamur, bakteri dan kuman jahat yang terdapat didalam tubuh.

Selain mengandung bakteri lactobacillus, jenis makan tertentu yang diketahui mengandung vitamin A, vitamin C dan zinc juga merupakan jenis makanan yang disarankan. Karena peran vitamin dan zinc sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun fungsi organ tubuh sebagaimana normalnya.

Bukan hanya membantu membunuh jamur penyebab kandidiasis saja, jenis kandungan vitamin dan zinc yang terdapat pada jenis makanan tertentu juga diyakini akan membantu meningkatkan kemampuan seksual seseorang. Ini artinya seseorang akan mendapatkan multi manfaat dari tindakan yang dilakukannya. Pasalnya, bukan hanya Obat Kuat saja yang dapat memberikan peningkatan kemampuan seksual, namun jenis-jenis tindakan positif seperti olahraga dan menghindari kebiasan-kebiasaan buruk juga akan menjaga kelangsungan kehidupan seksual seseorang.