Jumlah Sperma Menentukan Kesuburan Pria

Semua pria pasti akan sedih dan kehilangan harga dirinya jika dia didiagnosis memiliki kadar sperma dibawah normal. Sperma rendah ditandai dengan air mani encer atau kurang tebal.

Pria dengan sperma rendah akan sulit membuahi sel telur pasangannya, sehingga sulit mendapat keturunan. Kalaupun akhirnya berhasil membuahi, besar kemungkinan anaknya lahir dengan kondisi kurang sehat(abnormal).

Pria adalah setengah dari penyebab pasangan tidak subur. Sebanyak 40% kasus infertilitas dialami pria, 40% wanita, dan 20% keduanya. Perempuan biasanya mencari pengobatan pertama jika pasangan telah lama tidak mendapat keturunan, setelah hasil tes menyatakan bahwa wanita dinyatakan subur, baru suaminya yang menjalani tes air mani. Ini adalah langkah yang salah, seharusnya kedua pasangan harus memeriksakan kondisi mereka beersamaan jika setahun tidak mendapat keturunan.

Setiap tahunnya, satu juta orang mengunjungi dokter spesialis kesuburan(kandungan), para ahli mengatakan. Dan rata-rata pria akan menyalahkan pasangan wanitanya jika lama tak memiliki anak. "Pria akan malu, takut, dan tidak percaya jika ternyata dialah yang tidka subur," kata Larry Lipshultz, M.D., the clinical director of the Laboratory for Male Reproductive Research and Testing in Houston, Texas. "Ini membuat mereka seperti mendapat masalah besar, mengingat mereka merasa sangat sehat", tambahnya.

Berapa Jumlah Normal Sperma Untuk Pembuahan?

Setiap ejakulasi, pria rata-rata mengeluarkan 100 juta-300 juta sperma dalam air mani. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 15% (15 juta-45 juta) cukup sehat dan mampu melanjutkan perjalanan membuahi sel telur. Dan dari jumlah tersebut, hanya sedikit sperma sehat yang mencapai sel telur. Keasaman dan toksisitas lingkungan vagina yang membunuh sel sperma dalam perjalanan. Dan dari sedikit sperma yang lolos, hanya satu kemungkinan sperma yang dapat menembus sel telur untuk pembuahan.

Bahkan dengan jumlah sperma 300 juta, belum tentu bisa membuahi telur wanita. Sehingga semakin rendah jumlah sperma, semakin rendah pula kemungkinan pembuahan. Lebih dari 90% dari infertilitas pria, disebabkan oleh jumlah sperma rendah, kualitas sperma yang buruk, atau keduanya.

Setiap orang dengan jumlah sel sperma 20-40 juta permililiter air mani memang dianggap subur. Sebenarnya itu masih belum dipastikan. Pria yang memiliki jumlah sperma normal, setidaknya 60% harus normal dalam struktur, memiliki kepala oval dan ekor panjang, untuk proses konsepsi. Kepala yang bulat, oval besar, atau bengkok adalah tanda-tanda gangguan pembentukan sperma yang dapat membuat sulit bagi sel untuk mencapai sel telur. "Sangat penting bahwa sperma harus bergerak cepat dan lurus ke depan," kata Eldon Schriock, M.D., dokter dari Pacific Fertility Center di San Francisco. Sperma harus berenang melalui lapisan sel di sekitar telur sebelum mereka dapat menembus sel telur itu sendiri, katanya.

Sperma rendah juga dapat disebabkan oleh varikokel pada vena testis (seperti varises pada kaki). Bila pembuluh darah meradang, katup menjadi usang, memaksa darah mengalir ke arah yang salah. Suhu terlalu panas pada testis juga menyebabkan hancurnya sel-sel sperma.

Sperma berkembang dalam suhu beberapa derajat lebih dingin daripada suhu tubuh, itulah mengapa testis disimpan di skrotum. Ini juga mengapa dokter menganjurkan bagi pria yang ingin mendapat keturunan untuk tidak mandi air panas, olahraga berlebihan, bersepeda, dan memakai pakaian ketat. Anda juga harus menghentikan penggunaan nikotin, alkohol, dan obat-obatan terlarang, karena semua itu adalah racun bagi sperma.

Cara Meningkatkan Jumlah Sperma

Jumlah dan ketebalan sperma dapat ditingkatkan secara alami. Jika Anda adalah pria yang sudah lama menikah dan belum memiliki anak, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Ubah menu makanan Anda, kurangi konsumsi lemak jenuh dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.
  • Menghindari rokok, bahkan perokok pasif juga berisiko memiliki jumlah sperma rendah.
  • Menghindari alkohol.
  • Menghindari obat-obatan terlarang.
  • Jangan olahraga secara berlebihan.
  • Jangan memakai pakaian ketat.
  • Olahraga secara rutin dan dengan porsi yang pas.
  • Jangan mandi di air panas, termasuk pemandian air panas alami.
  • Jangan bersepeda terlalu lama. Tekanan pada sedel akan membuat produksi sperma terganggu.

Selain menjalankan pola hidup sehat, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi obat herbal untuk kesehatan sperma. Beberapa ramuan dibawah ini sangat disarankan para dokter untuk mengatasi masalah kesuburan Anda.

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma
  • SCOUNT, mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah psikologis lain.

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.