Jenis Penyakit Yang Memperlambat Proses Kehamilan

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah, kehadiran seorang anak merupakan salah satu hal yang telah dinantikannya. Ketidaksuburan atau kemandulan yang terjadi pada pria maupun wanita sering kali menjadi penghambat proses kehamilan. Ketidaksuburan yang dialami baik pada pria maupun wanita tidak hanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa jenis penyakit tertentu ternyata juga menjadi salah satu tersangka yang pada akhirnya menyebabkan ketidaksuburan.

Secara biologis ketidaksuburan atau kemandulan adalah tidak bisa hamil ataupun menghamili. Tidak bisa hamil, dalam beberapa kasus masalah seperti ini sering kali disebabkan oleh pasangan pria, dimana buruknya kualitas sperma yang dikeluarkannya pada saat ejakulasi adalah salah satu penyebab utamanya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kasus tidak bisa hamil tersebut disebabkan oleh pasangan wanita, karena pada dasarnya kasus semacam ini dipengaruhi oleh keduanya, baik pria dan wanita.

Kebanyakan dari mereka pria yang tidak mampu menghamili pasangannya dianggap sebagai pria tidak subur. Kondisi tidak subur semacam ini dipengaruhi oleh beberapa penyebab, faktor penyakit adalah salah satunya. Ketidaksuburan yang dialami oleh pria terletak pada kualitas spermanya, dimana keberadaan penyakit tertentu terkadang menganggu jalannya proses produksi sperma, sehingga kualitas sperma menjadi buruk. Selain itu, terdapat beberapa jenis penyakit yang dianggap sebagai parasit (hal yang merugikan), yang mana penyakit ini akan memperlama proses kehamilan atau justru tidak hamil sama sekali. Beberapa jenis penyakit yang dapat memperlama proses kehamilan adalah:

Diabetes pada pria

Menurut para ahli, diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang telah didiagnosa sebagai salah satu penyakit yang berdampak buruk terhadap kualitas sperma. Penyakit ini merupakan salah satu tersangka utama yang menyebabkan masalah infertilitas pada pria. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Inggris, mereka-mereka penderita diabetes berisiko mengalami kerusakan DNA, yang mana ini akan mengakibatkan sel sperma tidak dapat membuahi sel telur. Terdapatnya kerusakan DNA akibat penyakit diabetes tersebut menyebabkan embrio tidak dapat terbentuk dan juga tidak dapat memberikan data genetik sesuai pada kondisi normalnya.

Mengidap penyakit Endometriosis

Jenis penyakit ini diderita oleh kaum wanita, dimana wanita yang didapati mengidap penyakit endometriosis dipastikan akan kesulitan untuk hamil. Sel-sel yang membawa penyakit ini akan menganggu fungsi rahim sehingga akan mempersulit wanita untuk bisa hamil. Pada wanita, gejala yang akan dirasakan berupa rasa nyeri pada panggul selama berhubungan seksual dan pada saat buang air besar. Jenis penyakit ini merupakan 1 diantara 3 jenis penyakit yang menyebabkan terjadinya infertilitas atau kemandulan.

Adanya penyakit Celiac yang ditemukan pada pria maupun wanita

Penyakit lain yang menyebabkan infertilitas adalah celiac. Celiac atau usus kecil merupakan salah satu jenis penyakit yang akan menganggu autoimun. Beberapa para ahli mengungkap bahwa beberapa pasangan yang mengalami masalah infertilitas diketahui mengidap penyakit celiac dan kebanyakan mereka yang menderita celiac juga didapati mengalami masalah infertilitas atau ketidaksuburan.

Pada wanita, celiac akan menganggu jalannya haid. Kondisi ini akan mengakibatkan anemor sekunder, dimana seorang wanita yang diketahui mengalami gangguan haid seperti ini tidak akan pernah merasakan datang bulan sebagaimana wanita pada normalnya. Sedangkan pada pria, celiac akan mempengaruhi kadar testosteron atau disebut juga dengan hormon seks.

Ketidaksuburan yang dialami oleh sebagian orang terkadang memberikan dampak buruk terhadap keharmonisan keluarga, pasalnya kehadiran seorang anak merupakan salah satu tujuan dari dalam melakukan hubungan seksual. Bilamana kehadiran penyakit mempengaruhi kesuburan Anda, maka sudah sepantasnya Anda sesegera melakukan tindakan yang lebih intensif.

Pada pria yang diketahui mengidap penyakit diabetes, maka dengan sendirinya penyakit yang dideritanya tersebut akan mempengaruhi fungsi organ seksual. Diabetes tidak hanya mempengaruhi kesuburan saja, melainkan fungsi organ seksual pria juga akan terganggu. Disfungsi ereksi, ini merupakan salah satu jenis gangguan ereksi yang mana gangguan ini dapat terjadi akibat pengaruh penyakit diabetes.

Meskipun disfungsi akibat diabetes dapat disembuhkan hanya dengan meminum obat kuat, misal KuatPria Pro. Namun jenis penyakit ini juga akan mengancam kondisi tubuh penderitanya. Oleh karenanya, setiap orang harus memiliki kesadaran diri setiap menjumpai segala jenis penyakit yang dirasakannya, ini merupakan salah satu bentuk tindakan antisipasi yang mana kedepannya seseorang akan terjamin kehidupannya, baik dalam melangsungkan kehidupan umum maupun kehidupan seksualnya.