Inilah Faktor Yang Menyebabkan Hilangnya Libido Pria

Kehilangan gairah seksual adalah hilangnya keinginan untuk melakukan aktivitas seksual meski telah mendapat stimulasi seks yang cukup. Ini mungkin kurang umum terjadi pada pria. Dibanding dengan pria, wanita lebih banyak mengalami penurunan libido pada usia yang masih produktif. Sekitar 30%-35% wanita mengalami penurunan libido, sementara pada pria hanya sekitar 15%-16% yang mengalami penurunan libido. “Pria yang mengalami penurunan libido cenderung takut pada wanita, maskulinitas mereka seperti terancam”, kata Esther Perel, terapis pasangan di kota New York dan penulis Mating in Captivity.

Penyebab turunnya libido sangat beragam. Ini bisa berasal dari kombinasi yang kompleks antara masalah fisik dan masalah psikologis. Berikut adalah beberapa penyebab turunnya libido pria.

Disfungsi Ereksi Menyebabkan Hilangnya Libido

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan pria untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Impotensi sering dikaitkan dengan faktor usia. "Hanya 7% pria muda melaporkan tidak mampu mempertahankan ereksi," kata Laumann. Dan setelah usia 40 tahun risiko akan meningkat menjadi 12%, 18% untuk usia 50-59, dan kemudian risiko meningkat tajam pada usia 60 menjadi 25% sampai 30%," kata Laumann.

Terlepas dari faktor usia, impotensi atau disfungsi ereksi sangat berkaitan. Hilangnya libido pria karena masalah tertentu dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Sebaliknya, ketika tahu Anda mengalami disfungsi ereksi, minat untuk seks menurun drastis.

Untungnya, disfungsi ereksi atau impotensi dapat diobati. Anda dapat mengunakan ramuan herbal untuk mengatasi impotensi Anda. Obat kuat herbal lebih aman dan efektif dibanding obat sintetis konvensional.

Kecemasan Kinerja Menyebabkan Hilangnya Libido

Masalah seksual utama pria adalah disfungsi ereksi(impotensi) dan ejakulasi dini. Jika pria mengalami salah satu atau kedua masalah tersebut pasti akan mempengaruhi kinerja seksual mereka. Rasa khawatir tidak bisa mencapai ereksi dan klimaks terlalu cepat menyebabkan kecemasan dan stres berat pada pria, terutama yang masih muda. Rasa cemas itulah yang membuat hilangnya libido dan keinginan pria untuk berhubungan seksual dengan psangannya.

Stres Menyebabkan Hilangnya Libido

Stres karena masalah tertentu atau kurang percaya diri terhadap pasangan menjadi faktor yang besar untuk menurunkan libido pria. Masalah apapun yang menyebabkan stres dapat mematikan gairah seks Anda. Stres membuat tekanan di otak semakin berat. Otak akan berkonsentrasi memikirkan masalah yang sedang Anda hadapi. Saat itu, darah akan fokus memasok otak, sehingga aliran darah ke penis berkurang dan gairah seks menjadi turun.

Kondisi Medis dapat Menyebabkan Hilangnya Libido

Berbagai masalah medis dan kondisi fisik kronis dapat mengurangi gairah seks pria. Penyakit serius, seperti kanker, dapat meredam pikiran seks. Penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes bisa mengurangi aliran darah ke tubuh, termasuk ke penis, sehingga menyebabkan hilngnya libido. Kondisi seperti gangguan tiroid dan tumor pada kelenjar pituitari (yang mengendalikan produksi hormon, termasuk hormon seks) dapat menurunkan libido juga.

Obat-obat Tertentu dapat Menyebabkan Hilangnya Libido

Kelas obat depresi yang disebut SSRI dapat menghambat keinginan seksual. Ini termasuk obat penenang dan obat tekanan darah tinggi. Zat terlarang, seperti heroin, kokain, dan ganja, bila digunakan berat dan kronis, juga dapat menyebabkan hilangnya libido.

Kualitas Hubungan dapat Menyebabkan Hilangnya Libido

Pertengkaran, kemarahan, atau kekecewaan terhadap pasangan dapat terbawa ke kamar tidur. emosi yang berlebihan membuat Anda tidak berminat untuk bercinta dengan pasangan Anda.

Terlalu Banyak Kebersamaan Bisa Mengurangi Libido

Aneh tapi nyata. Ya, ternyata tidak hanya pertengkaran dan hal-hal negatif yang dapat menurunkan libido pria, terlalu sering bersama dengan pasangan juga dapat menurunkan gairah seksual. Jika Anda menghabiskan waktu lebih dari 12 jam setiap hari dengan istri Anda, mungkin akan timbul rasa bosan. Pada pria yang mengambil kerja dari pagi dan pulang sore adalah porsi yang tepat untuk menambah gairah seks pria. Saat Anda bekerja di luar dan istri dirumah, akan muncul rasa kangen dan pikiran-pikiran erotis akan muncul. Dan ketika pulang bertemu istri Anda, Anda pasti tidak sabar untuk segera menggendongnya ke kamar.

Cinta yang Terbagi Menyebabkan Hilangnya Libido

Memiliki anak adalah impian setiap pasangan. Namun bagi wanita, kehadiran anak akan membagi cinta mereka untuk anak dan suaminya, dalam hal ini seorang ibu cenderung memilih anak dibanding suaminya. Inilah yang membuat pria sedikit takut untuk mengajak istrinya bercinta. Selain itu, berat badan yang bertambah dari sang istri selama hamil juga kadang membuat pria tidak bergairah untuk bercinta dengannya. Bahkan memiliki anak yang masih kecil juga bisa menjadi ancaman bagi Anda. Anda pasti tidak ingin anak Anda memergoki Anda dan istri sedang berhubungan seks. Kekhawatiran ini juga bisa menurunkan libido Anda.