Dispareunia Sakit Nyeri Pada Vagina Saat Berhubungan Intim

Hubungan intim yang baik hendaknya menciptakan kepuasan dan kesenangan tersendiri bagi pelakunya. Tujuan melakukan hubungan intim tidak lain adalah mendapatkan kesenangan dan kepuasan bersama. Namun, apabila dalam melakukan hubungan terjadi rasa sakit pada salah satu pihak, tentunya hal tersebut sangat menyiksa.

Dispareunia, ini adalah gangguan seksual yang mana penderitanya akan merasakan sakit nyeri pada daerah genitalnya. Umumnya sakit nyeri tersebut akan dirasakannya sebelum dan setelah melakukan hubungan intim. Kondisi semacam ini akan menyebabkan penderita tertekan secara personal, sehingga kondisi tersebut akan mengkhawatirkan jika dibiarkan hingga berlarut-larut lamanya.

Pada dasarnya dispareunia dapat dialami oleh pria dan wanita, akan tetapi pada artikel ini akan dibahas dispareunia yang terjadi pada wanita, yang mana wanita dengan dispareunia yang diderita akan mengalami sakit nyeri saat melangsungkan hubungan intim. Sungguh kondisi yang sangat mengkhawatirkan, terlebih itu terjadi di daerah keintiman!

Umumnya, penderita dispareunia akan mengalami rasa nyeri setiap kali proses peneterasi berlangsung. Rasa nyeri tersebut muncul dalam kondisi tertentu dan akan muncul rasa nyeri lainnya pasca berakhirnya hubungan intim yang dilakukannya. Rasa nyeri pada vagina tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang terkait.

Kurangnya cairan pelumas, ini adalah salah satu hal yang pada akhirnya menyebabkan rasa nyeri di vagina. Kondisi semacam ini bisa didapati oleh wanita dan hal yang menyebabkannya adalah kurangnya foreplay. Umumnya foreplay dibutuhkan setiap pasangan agar masing-masing pasangan mampu terangsang guna melangkah pada sesi yang lebih intim.

Bagi pihak wanita sendiri foreplay dibutuhkan guna merangsang keintimannya supaya dinding vaginanya terlumasi dengan cairan alami. Rendahnya cairan pelumas yang membasahi dinding vagina pada wanita disebabkan oleh penurunan kadar hormon, kondisi seperti ini sering didapati pada wanita pasca melahirkan atau selama masa menyusui.

Terdapat beberapa sebab yang mengakibatkan dispareunia atau rasa sakit pada vagina selama berhubungan intim. Selain sebab-sebab yang sudah disebutkan di atas, terdapat penyebab lainnya yang mana ini merupakan faktor ketidaktahuan seseorang yang pada akhirnya menyebabkan dampak buruk terhadap kehidupan seksualnya.

Penggunaan obat-obatan tertentu, ini merupakan ketidaksengajaan seseorang yang mana dampaknya akan berakibat buruk terhadap kehidupannya, terlebih kehidupan seksualnya. Obat-obatan yang selama ini Anda minum dengan tujuan positif ternyata tidak keseluruhan dicerna dengan baik didalam tubuh Anda. Ini artinya obat yang Anda minum tidak semuanya akan memberikan hasil positif, bahkan bahayanya akan memperburuk kondisi Anda.

Antidepresan, pil KB, obat hipertensi dan obat penenang, ini adalah jenis obat-obat yang mana Anda kira obat ini dapat membantu Anda dalam menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Padahal, tanpa Anda sadari obat-obatan jenis ini akan memperburuk kondisi Anda, terlebih pada gairah seksual Anda.

Rasa sakit yang tidak tertahankan ketika melakukan hubungan intim merupakan kondisi yang mengkhawatirkan. Apabila rasa sakit tersebut sangat dalam, mungkin sumber rasa sakit tersebut diakibatkan oleh penyakit yang Anda derita. Radang panggul, prolaps rahim dan kista ovarium, ini merupakan jenis penyakit yang terdapat di organ keintiman wanita yang mana jenis penyakit ini bisa saja menjadi sumber sakit yang Anda rasakan ketika sedang melakukan hubungan intim.

Sedangkan faktor emosional yang berpotensi besar menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan intim adalah kecemasan, depresi dan kekhawatiran. Kondisi emosional semacam ini akan menjadikan seseorang khawatir, baik khawatir tentang penampilan fisik dan alasan lainnya, sehingga pada akhirnya kondisi ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Gangguan emosional tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi otot dasar panggul, yang mana otot panggul ini sangat sensitif terhadap stres dan gangguan emosional lainnya. Ini dapat diartikan bahwa stres secara tidak langsung akan mempengaruhi hubungan seksual yang menyakitkan.

Tidak mudah untuk mengetahui faktor-faktor emosional apa saja yang terkait dengan dispareunia. Ini merupakan kondisi tersulit bagi para dokter ketika menjumpai pasiennya dengan dispareunia yang dideritanya dan yang mana dispareunia tersebut disebabkan oleh adanya faktor internal didalam dirinya (emosionalnya).

Untuk bisa meminimaliris rasa nyeri pada saat melakukan hubungan seksual, ada baiknya pihak pria beralih mempergunakan posisi seks lainnya. Ini bertujuan agar pasangan tidak merasakan rasa nyeri sebagaimana biasanya yang ia rasakan. Namun cara ini tidak menjamin keberhasilan, karena umumnya dispareunia merupakan gangguan seksual yang mana ini adalah jenis gangguan seksual yang disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga butuh perawatan secara intensif untuk bisa menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Umumnya setiap gangguan seksual yang diderita oleh sebagian orang disebabkan oleh faktor yang hampir sama, baik dari faktor fisik dan psikologi (emosionalnya). Sebagaimana disfungsi ereksi yang diderita oleh sebagian pria yang disebabkan oleh faktor stres dan depresi. Kondisi gangguan ereksi semacam ini bukanlah salah satu kondisi yang harus dirisaukan. Pasalnya, terdapat obat kuat jenis herbal yang mana obat kuat ini aman untuk dikonsumsi guna menyembuhkan gangguan ereksi yang dideritanya.

Natural Gain, ini merupakan jenis obat kuat herbal yang banyak digunakan oleh sebagai pria yang mana mereka mengalami gangguan ereksi. Tanaman herbal khusus yang dijadikan sebagai bahan komposisi obat kuat ini mampu memberikan hasil positif dan menyembuhkan disfungsi ereksi secara bertahap.

Kondisi yang sama juga berlaku pada dispareunia, apabila Anda mampu mengidentifikasi sumber atau akar penyebab yang menyebabkan rasa nyeri pada vagina Anda saat berhubungan intim. Maka, dengan identifikasi yang Anda lakukan tersebut akan dapat mempermudah Anda dalam menentukan cara penyembuhan yang akan Anda pilih.

Hubungan seksual merupakan jenis kegiatan yang menyenangkan, dimana kedua pasangan akan saling mendapatkan kesenangan dan kepuasan. Oleh sebab itu, jangan biarkan gangguan seksual mempengaruhi kehidupan seksual Anda. Meskipun Anda adalah seorang wanita, namun setidaknya Anda harus berinisiatif untuk melakukan tindakan supaya kehidupan seksual yang Anda jalani dengan pasangan Anda bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan seksual yang mempengaruhi kehidupan seksual Anda.