Bercinta Di dalam Air Hangat Cegah Kehamilan, Fakta atau Rumor?

Melakukan variasi dalam bercinta adalah salah satu tindakan yang cukup baik, dimana ini dimaksudkan agar pasangan tidak merasa jenuh dengan cara bercinta yang monoton. Berbagai macam cara bercinta memang akan menjamin pelakunya untuk bisa mendapatkan kepuasan dan kesenangan seksual. Namun sayang, gaya hidup pada saat ini telah merubah segala pandangan, hingga didapati kasus bercinta didalam air hangat dengan tujuan mencegah kehamilan. Benarkah pernyataan tersebut? Apakah bercinta didalam air hangat cegah kehamilan?

Sejauh ini tidak hanya posisi atau gaya bercinta saja yang divariasikan, namun suasana bercinta juga merupakan salah satu komponen penting yang harus divariasikan, dimana ini akan menjamin kenikmatan dan kesenangan seksual yang cukup kompleks.

Bercinta dengan beberapa variasi yang berbeda memang akan memberikan sensasi lain dalam berhubungan seksual, salah satunya adalah dengan melakukan hubungan seks didalam air hangat. Bukan hanya bertujuan untuk mencari sensasi seksual yang saja, namun beberapa orang beranggapan bahwa bercinta didalam air hangat dapat menganggu jalannya proses produktivitas sperma, sehingga hal ini dapat mencegah kehamilan. Benarkah anggapan tersebut?

Apabila tujuan bercinta didalam air hangat hanya ditujukan agar jalannya produktivitas seprma terganggu maka cara ini merupakan salah satu cara yang efektif. Namun, bila cara bercinta tersebut ditujukan guna mencegah kehamilan agar tidak terjadi, ini masih menjadi rumor dan belum diketahui bukti ilmiah yang menjelaskannya.

Para ahli mengungkap, bahwa berhubungan seks didalam air hangat tidak melindungi seseorang dari kehamilan. Pada dasarnya air hangat berpotensi besar akan menganggu jalannya proses produksi sperma, namun hal ini tidak cukup kuat dalam membunuh sel sperma, sehingga tidak menutup kemungkinan kehamilan masih dapat terjadi sekalipun seseorang melakukan hubungan seks didalam air hangat.

Bagi sebagian pria yang memiliki masalah kesuburan memang sudah sepantasnya untuk menghindari cara bercinta seperti demikian. Karena memaksakan diri untuk melakukan hubungan seksual didalam air hangat hanya demi tujuan mencari sensasi lain justru akan memperburuk kondisi kesehatan sperma yang diproduksi didalam testis. Oleh karenanya bagi sebagian pria yang memiliki permasalahan dengan kesuburan spermanya, alangkah baiknya memfokuskan diri untuk memperbaiki kualitas spermanya.

Pada dasarnya, organ reproduksi eksternal pada pria terdiri dari penis dan skrotum (kantung yang berisi testis). Skrotum sendiri berfungsi memelihara keseimbangan suhu didalam testis. Tentu saja fungsi ini sangat dibutuhkan guna menjaga kesuburan, karena sperma sangat sensitif terhadap suhu panas.

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 telah menunjukan bahwa air hangat tidak baik bagi kesehatan sperma dan testis. Bahkan, salah seorang peneliti menyimpulkan bahwa berendam didalam air hangat kurang lebih setengah jam akan mengancam kesehatan sperma yang diproduksi didalam testis. Ini artinya bahwa kondisi air hangat sangat bertolak belakang dengan kesehatan sperma, oleh karenanya untuk tidak membiasakan diri mandi dengan menggunakan air hangat secara terus menerus.

Hantaran air hangat pada testis akan berdampak buruk terhadap sperma dalam jangka waktu lama. Dan, bagi pria normal yang memiliki kualitas sperma yang prima, maka sudah tentu mereka masih berkesempatan untuk bisa melepaskan sel sperma pada saat melakukan hubungan seksual, meskipun itu dilakukan didalam air hangat namun jutaan sel sperma yang di lepasnya tersebut masih memiliki sedikitnya 1% harapan untuk membuahi sel telur. Sehingga, anggapan bahwa bercinta didalam air hangat dapat mencegah kehamilan adalah merupakan sebuah rumor yang mana ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Andai kata hal ini terjadi, maka kondisi tersebut hanyalah kebetulan. Dan, dalam frekuensi lamanya Anda melakukan hubungan intim, terdapat beberapa kondisi dimana sel sperma gagal membuahi sel telur karena beberapa alasan.

Dikarenakan sperma membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa tumbuh dan menjadi sperma yang berkualitas, maka setidaknya Anda harus bisa berpikir ulang sebelum memutuskan diri untuk melakukan variasi hubungan seks didalam air hangat. Bukan berarti ini larangan, namun dikhawatirkan hal tersebut akan mengakibatkan infertilitas permanen yang mana ini adalah kondisi yang pada akhirnya akan merugikan Anda.

Meskipun sejauh ini terdapat beberapa pernyataan dari beberapa peneliti tentang dampak buruk air hangat terhadap kesehatan sperma. Namun hal pernyataan tersebut tidak sinkron dengan anggapan bahwa bercinta didalam air hangat bisa cegah kehamilan, karena cara ini masih belum cukup efektif untuk bisa mencegah terjadinya kehamilan.