Benarkah Khitan Dapat Memperbesar Penis?

Khitan saat usia laki-laki masih anak-anak atau tumbuh baligh dipercaya dapat menambah ukuran alat kelaminnya. Benarkah demikian? Lalu bagaimana dengan laki-laki yang dikhitan saat usia dewasa?

Bagi umat Muslim, khitan bagi seorang laki-laki adalah hal yang wajib. Secara medis, khitan juga terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi pernyataan khitan dapat memperbesar ukuran penis dibantah oleh dokter.

"Tidak ada kaitannya antara khitan dengan bertambahnya ukuran penis," jelas dr Andri Wanananda, MS, seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Khitan pada masa anak-anak atau usia dewasa, tidak akan membuat penis bertambah besar atau panjang. Panjang dan besar penis seseorang ditentukan oleh etnis, ras bangsa di dunia, serta faktor genetis (keturunan), dan kadar hormon testosteron pria.

Meskipun tidak terbukti membuat ukuran penis bertambah besar, namun khitan atau sunat benar-benar memerikan banyak manfaat kesehatan bagi pria, mulai dari mengurangi risiko pemupukan kotoran hingga menghindari risiko kanker penis.

Pada pria yang tak dikhitan, bakteri dan kuman-kuman penyakit lebih mudah terkumpul da mengendap di balik kulup penis. Terlebih bagian ini seringkali menghasilkan cairan yang memicu penumpukan kotoran. Itulah mengapa ujung penis perlu dibersihkan (terutama bagi pria yang tak dikhitan).

Bahkan pada pria yang mengalami kelainan tertentu, penisnya harus dikhitan. Fimosis misalnya, yang merupakan kondisi di mana kulit penis melekat dengan kepala penis. Akibatnya, kepala penis tidak bisa terbuka atau malah menghalangi lubang saluran air kencing.

Jika dibiarkan, ini dapat membuat kotoran yang dikeluarkan oleh kelenjar kulup terkumpul disekitar kepala penis. Dan lama kelamaan akan menyebabkan infeksi, dan khitan mutlak diperlukan.

Namun dr Rasyid menegaskan bahwa bukan berarti semua pria yang tak dikhitan berisiko mengalami kanker penis. Tapi bagi pria, memang sebaiknya menjalani khitan untuk meminimalisir risikonya. Sebab dengan khitan, ada beberapa penyakit yang dapat dikurangi risikonya.