Bahaya Nyata Seksomania

Dokter dan peneliti telah lama mengetahui bahwa beberapa orang sering mengalami berbagai bentuk gairah dan aktivitas seksual selama tidur. Semua pria tentu pernah mengalami mimpi basah yang mengantarkan mereka pada ejakulasi. Kondisi ini disebut sebagai emisi nokturnal.

Mimpi basah sering terjadi pada awal masa pubertas. Namun, bisa juga terjadi dalam setiap saat kehidupan manusia. Seringkali mimpi basah ini terjadi secara spontan yang akan membuat gairah pria itu menjadi bangkit dan ejakulasi. Namun, ada juga beberapa pria yang dalam keadaan tidur mengalami mimpi basah dan kemudian mendorong mereka melakukan masturbasi atau hubungan seksual (jika sudah memiliki pasangan) tapi semua itu masih dilakukan dalam keadaan tidur dan diluar kesadaran. Inilah yang disebut dengan seksomania.

Bagi sebagian pria, mungkin akan merasa bangga karena dapat melakukan hubungan seks meski dalam keadaan tidur. Tapi, yang lebih sering adalah kondisi ini akan menimbulkan banyak masalah. Banyak kasus yang terjadi hubungan seksual bersama orang lain karena seksomania. Penderita seksomania juga sering merasa malu jika mereka tiba-tiba melakukan aktivitas seksual di tempat umum. Meski dalam keadaan tidak sadar, penderita seksomania bisa bangkit dari tidurnya dalam keadaan terpejam dan melakukan aktivitas seksual di tempat yang tak terduga.

Mengapa Seksomania Bisa Terjadi?

Seksomania diklasifikasikan sebagai gangguan parasomnia non-rapid-eye-movement (non-REM). Gangguan ini adalah penyebab yang sama dengan gangguan tidur lainnya seperti sleepwalking (tidur berjalan), mengigau, dan gigi gemeretak. Kebanyakan penderita seksomania juga menderita gangguan tidur lainnya.

Beberapa faktor penyebab seksomania adalah sebagai berikut :

  • Alkohol
  • Insomnia atau kurang tidur
  • Sleep apnea (mendengkur)

Bagaimana Mengobati Penyakit Ini?

Pengobatan seksomania umumnya dapat disembuhkan dengan mengetahui penyebabnya. Misalnya jika penderita seksomania disebabkan oleh alkohol, maka penderita harus menghindari alkohol dalam hidupnya. Jika disebabkan oleh sleep apnea, maka sebuah terapi khusus untuk sleep apnea atau obat-obatan tertentu dapat membantu mengatasi masalah ini.

Seksomania adalah jenis gangguan tidur yang langka. Umumnya dialami oleh pria. Seksomania bisa menyebabkan masalah lain terutama bagi kesehatan penis dan tindakan kriminal yang berujung pada pelecehan seksual dan pemerkosaan.