Bagaimana Merokok Mempengaruhi Kesuburan Pria

Logo peringatan bahwa “Merokok dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, dan Gangguan Kehamilan dan Janin” telah diubah dan ditegaskan menjadi “Rokok Membunuhmu”

Banyak orang meremehkan efek buruk dari merokok. Bahkan, peringatan bahwa “Rokok Membunuhmu” tidak terlalu dihiraukan oleh para pecandu rokok. Merokok memang terbukti dapat menyebabkan kanker, penyakit paru-paru, masalah pernapasan kronis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan kelahiran prematur. Selain daftar panjang efek negatif ini, tembakau rokok juga dapat mempengaruhi seksualitas pria.

Penelitian yang komprehensif telah dilakukan tentang efek tembakau pada kesuburan wanita, ovulasi, risiko kehamilan yang tinggi dan kerusakan pada bayi yang belum lahir. Bagi pria, merokok dapat menurunkan jumlah sperma sehat yang diproduksi, sehingga sulit bagi sel sperma untuk membuahi sel telur pasangannya. Berhenti merokok merupakan aspek penting untuk mempersiapkan kehamilan.

Beberapa teori melaporkan bagaimana merokok mempengaruhi kesuburan pria. Salah satu alasan utama untuk berhenti merokok jika Anda ingin memiliki bayi adalah bahwa tembakau mempengaruhi sperma pria baik dari segi kuantitas maupun motilitas (kemampuan sperma untuk bergerak cepat dan membuahi telur). Produksi sperma dapat ditingkatkan dalam waktu enam minggu setelah berhenti merokok. Sebuah laporan baru-baru ini menganalisis data dari lebih 25 studi terdahulu tentang dampak merokok pada kesuburan pria. Hasil penelitian menunjukkan penurunan hampir 13% dalam motilitas sperma pada perokok dibandingkan dengan non-perokok.

Penurunan kualitas air mani juga terjadi pada pecandu rokok, yang meliputi penurunan konsentrasi sperma serta peningkatan morfologi sperma (tidak teratur atau sperma berbentuk aneh) yang mungkin tidak bisa berenang cukup cepat untuk pembuahan yang efektif. Cara lain bahwa merokok mempengaruhi kesuburan pria adalah peningkatan kadar hormon yang abnormal sebagai akibat tembakau.

Berhenti merokok dapat mengurangi kebutuhan untuk perawatan kesuburan eksternal bahkan mempercapat proses penyembuhan. Ada sejumlah studi valid yang membuktikan bahwa berhenti merokok sebelum memulai pengobatan kesuburan, secara signifikan meningkatkan kesempatan untuk berhasil.

Sebuah studi kecil yang didanai oleh Philip Morris Manajemen Research Group memiliki beberapa hasil yang menarik mengenai kebiasaan merokok dan riwayat merokok pria. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok tergantung pada berapa banyak rokok yang dihisap dalam satu hari dan berapa tahun mereka telah merokok. Sperma peserta diperiksa untuk motilitas dan kemampuan untuk membuahi sel telur dalam kondisi laboratorium. Pria yang merokok setiap hari lebih bernasib buruk pada tes 'pembuahan' dibandingkan dengan mereka yang merokok kurang sering atau telah merokok untuk waktu yang lebih singkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa riwayat merokok dimasa lalu atau mantan perokok juga dapat mengalami kemandulan.

Para ahli juga percaya bahwa merokok dapat mempengaruhi kesuburan pasangan mereka. Efek merugikan dari merokok pasif dapat mengurangi kesuburan seorang wanita dan menurunkan tingkat keberhasilan pembuahan. Jika Anda dan pasangan sedang mencoba untuk hamil, perlu diingat bahwa tanggung jawab dari kebiasaan kesehatan yang baik tidak hanya pada wanita.

Adakah Cara Efektif untuk Mengatasinya?

Untuk menghindari efek negatif rokok, tentu saja, hindari lah rokok. Jika Anda terasa sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok, lakukan terapi, seperti yoga, terapi gelombang otak, terapi psikologis, dan lain-lain. Dan untuk mengatasi masalah sperma encer (jumlah sperma sedikit), Anda dapat menggunakan obat-obat herbal di bawah ini. Obat-obatan ini mengobati masalah Anda secara aman, alami, dan sesuai kondisi medis yang mungkin Anda alami.

  • SCOUNT, Menambah/memperbanyak sperma
  • SCOUNT, mengentalkan cairan mani agar mani tidak encer
  • KuaPria Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena diabetes
  • MaxMan Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena kolesterol tinggi
  • SuperStrong Pro, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena tekanan darah tinggi
  • Natural Gain, memperbanyak dan mengatasi sperma encer karena stres, depresi, dan masalah

Semua obat diatas terbukti efektif dalam memperbanyak jumlah sperma dan mengentalkan air mani. Karena terbuat dari seratus persen bahan alami, obat-obatan tersebut aman, tanpa efek samping, dan dapat dikonsumsi secara rutin sebagai suplemen harian Anda.