Bagaimana Air Mani Dianggap Normal?

Banyak pria khawatir tentang kesehatan sperma mereka, terutama jika mereka sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan. Kualitas air mani seorang pria ditentukan oleh warna, konsistensi, bau, volume, konsentrasi sperma dan persentase sperma abnormal dalam air mani. Air mani dianggap normal jika memiliki :

  • Konsistensi tebal.
  • Memiliki sedikit bau klorin.
  • Setidaknya 50% dari sperma harus memiliki motilitas normal dan morfologi.

Air mani yang normal biasanya berwarna putih atau abu-abu pada awalnya dan akan menebal, kemudian mencair. Perubahan ini biasanya terjadi dalam waktu 30 menit. Jika air mani tetap tebal, mungkin ada masalah dengan dehidrasi. Masalah dehidrasi biasanya hilang dengan sendirinya. Jika tidak kembali normal setelah beberapa minggu, mungkin disebabkan masalah yang lebih serius. Perlu juga Anda ketahui, air mani yang berwarna merah atau kuning adalah normal, tetapi jika perubahan warna tersebut disertai bau busuk, mungkin ada infeksi atau mungkin itu tanda adanya kanker.

Jumlah ejakulasi harus antara 1,5 ml hingga 6ml dengan dengan jumlah sperma 20.000.000-150.000.000. Volume rendah yang konsisten pada air mani menunjukkan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, infeksi prostat atau sesuatu yang menghalangi saluran air mani. Biasanya, pria dengan usia lebih 40 tahun akan memiliki kualitas dan kuantitas air mani di bawah normal.

Motilitas dan morfologi merupakan faktor penting untuk menentukan air mani normal atau abnormal. Air mani dianggap normal, jika setidaknya mengandung total 50% sperma yang memiliki motilitas dan morfologi normal. Pendapat lain menyatakan bahwa air mani dianggap normal jika memiliki sperma dengan morfologi dan motilitas normal sebanyak 30%. Cara terbaik untuk menentukan kualitas dan kuantitas air mani adalah dengan melakukan analisis air mani.

Jika Anda akan menjalani analisis air mani, mungkin Anda diminta untuk tidak ejakulasi selama dua sampai lima hari sebelum tes. Hasil paling akurat dapat ditentukan setelah satu atau dua jam setelah tes laboratorium. Jika hasil anaisis air mani dianggap kurang valid, maka dokter akan meminta untuk mengulang kembali dalam jangka waktu maksimal tiga bulan. Umumnya, analisis air mani hanya menguji morfologi dan motilitas sperma. Ini merupakan faktor utama yang menentukan air mani dianggap normal atau tidak.

Apapun penyebabnya, jumlah dan kualitas air mani sangat menentukan kesuburan pria. Pria dengan jumlah dan kualitas air mani buruk berpotensi mengalami infertilitas atau kemandulan. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara herbal untuk menambah jumlah sperma yaitu dengan obat kuat herbal SCOUNT. Sementara untuk meningatkan kualias atau ketebalan air mani, Anda dapat menggunakan SCOUNT, obat kuat herbal yang sangat efektif mengentalkan air mani Anda.