Apa Itu Masturbasi?

Masturbasi adalah rangsangan diri dari alat kelamin untuk mencapai gairah seksual dan kesenangan, biasanya dilakukan di titik orgasme (klimaks seksual). Masturbasi biasanya dilakukan dengan cara menyentuh, membelai, memijit penis atau klitoris hingga orgasme tercapai. Beberapa wanita juga menggunakan cara stimulasi vagina untuk masturbasi dengan menggunakan "mainan seks" seperti vibrator.

Siapa Pelaku Masturbasi?

Masturbasi dilakukan oleh hampir semua orang, bahkan mereka yang sudah menikah sekalipun. Dalam studi nasional mencatat bahwa 95% laki-laki dan 89% perempuan pernah melakukan masturbasi.

Masturbasi adalah tindakan seksual pertama yang dialami oleh sebagian besar pria dan wanita. Pada anak-anak muda, masturbasi adalah bagian normal dari eksplorasi anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Kebanyakan orang terus melakukan masturbasi di masa dewasa, dan banyak melakukannya sepanjang hidup mereka.

Mengapa Orang Masturbasi?

Masturbasi adalah cara yang baik untuk melepaskan ketegangan seksual yang dapat terjadi dari waktu ke waktu, terutama bagi mereka yang memiliki pasangan yang tidak mampu memuaskan hasrat seksualnya. Masturbasi juga pilihan alternatif bagi mereka yang ingin menghindari kehamilan dan bahaya penyakit menular seksual.

Masturbasi juga diperlukan ketika seorang pria harus memberikan sampel sperma untuk tes infertilitas. Ketika pria dewasa mengalami disfungsi seksual, maka biasanya disarankan untuk melakukan masturbasi sebagai terapi seks untuk memungkinkan seseorang mencapai orgasme atau untuk menghindari ejakulasi dini.

Apakah Masturbasi Itu Normal?

Dulu memang masturbasi dianggap sebagai penyimpangan dan tanda dari masalah mental, namun kini masturbasi dianggap sebagai aktivitas seksual normal, sehat dan aman. Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan kenikmatan seksual dan dapat dilakukan sepanjang hidup.

Masturbasi dapat dianggap sebagai masalah ketika menghambat aktivitas seksual bersama pasangan, dilakukan di depan umum, atau menyebabkan penderitaan yang signifkan terhadap orang tersebut. Hal itu dapat menyebabkan stres apabila dilakukan secara kompulsif dan mengganggu kehidupan dan aktivitas sehari-hari.

Apakah Masturbasi Berbahaya?

Secara umum, kondisi medis menganggap masturbasi sebagai ekspresi alami dan aktivitas seksual yang tidak berbahaya bagi pria dan wanita. Ini tdak menyebabkan luka fisik atau kerusakan pada tubuh, dan dapat dilakukan dalam moderasi sepanjang hidup seseorang sebagai bagian dari perilaku seksual yang normal. Namun, beberapa budaya dan agama mungkin menentang masturbasi karena dapat menyebabkan rasa bersalah atau malu.

Beberapa ahli menyarankan bahwa masturbasi benar-benar dapat meningkatkan kesehatan seksual dan hubungan bersama pasangan. Dengan mengeksplorasi tubuh Anda sendiri melalui masturbasi, Anda bisa menentukan apa yang secara erotis menyenangkan bagi Anda dan dapat berbagi dengan pasangan Anda. Beberapa orang menggunakan masturbasi untuk menemukan teknik hubungan seksual yang lebih memuaskan dan menambah intim hubungan bersama pasangan.