Tips Mempertimbangkan Jarak Umur Calon Pendamping Hidup

Obatkuat123.com- Tips Mempertimbangkan Jarak Umur Calon Pendamping Hidup- Dalam memilih pasangan untuk dijadikan pendamping hidup diperlukan adanya ketelitian terkait dengan umur. Masalahnya sering seseorang mengabaikan hal yang satu ini. Rata-rata calon pengantin yang sudah jatuh cinta tidak peduli dengan umur calon pasangannya. Jawabannya simpel, yang penting bahagia. Kadang ada pengantin yang usianya selisih cukup jauh sehingga pasca pernikah terdapat perbedaan pemikiran yang timpang.

Menurut sebuah penelitian, jarak usia kedua pasangan sangat berpengaruh terhadap kondisi dan situasi sebuah rumah tangga. Dan didapatkan kesimpulan bahwa pasangan yang usianya hanya selisih 5 tahun cenderung lebih kecil mengalami masalah dalam pernikahannya jangka panjang.

Sedangkan pasangan dengan selisih usia 10 tahun atau lebih lebih cenderung banyak terjadi perceraian. Sedangkan pasangan dengan jarak umur mendekati 20 tahun hampir 95 persen terjadi perceraian. Namun yang paling mengejutkan, selisih usia 1 tahun dengan pasangan level perceraiannya paling kecil, yaitu hanya 3 persen.

Memang hasil penelitian tersebut tidak sepenuhnya dijadikan sebagai patokan. Karena ada beberapa faktor penyebab dari perceraian tersebut, bukan hanya faktor selisih usia saja.

 

Kedua pasangan selalu melakukan cara untuk bisa tampil serasa seolah umur mereka setara.

Ketika pasangan selisih usianya tidak terpaut jauh, membuat pasangan selalu tampil setara. Dengan catatan selisih usia tidak diatas 20 tahun. Hal ini terjadi karena pasangan yang salah satunya terlihat tua merasa minder dan bisa menjadi sorotan karena perbedaan penampilan yang mencolok. Sikap tenang dan perawatan diri sangat dibutuhkan agar kedua pasangan bisa terlihat muda dari umurnya.

Umur sering bukan menjadi kendala. Misal selisih umur tidak menjadi hambatan untuk memutuskan sesuatu bersama pasangan. Bukan berarti pasangan yang umurnya lebih tua merasa lebih pintar dan sebagainya. Pendewasaan juga terkadang belum tentu yang umurnya tua lebih dewasa. Untuk itu diperlukan sikap yang sesuai dengan kondisi pasangan.

Tidak selalu pasangan Cowok lebih tua dari umur pasangan wanita

Yang berlaku dimasyarakat bahwa umur pasangan pria harus lebih tua dari pasangan wanita. Itu tidak sepenuhnya benar. Tujuan secara secara umum pasangan pria lebih tua umurnya dari pasangan wanita agar pasangan pria kelak bersikap lebih dewasa, bisa menjaga dan mengarahkan keluarga. Namun sering dijumpai pria yang berusia lebih tua atau bahkan umur yang selisihnya jauh lebih mendominasi dalam keluarga atau justru bersifat diktator.  

Untuk itu diperlukan komitmen sebelum dan setelah menikah agar kesepakatan itu bisa dijadikan acuan untuk memutuskan sesuatu.

Kelebihan memiliki pasangan yang usianya setara, lebih nyaman?

Salah satu kelebihan dari memiliki pasangan yang usianya berselisih tidak begitu jauh yaitu adanya rasa nyaman. Misal dalam hal komunikasi mengenai tema tertentu bisa nyambung. Selain itu pengalaman juga hampir sama.

Namun memiliki pasangan yang seumuran terkadang memiliki dampak negatif, yaitu kedua pasangan sama-sama memiliki emosi yang tidak stabil. Misal si pasangan cowok ingin dihormati atau mengontrol keluarga.  Namun bagi pasangan wanita juga merasa lebih mampu karena usia juga setara. Untuk itu diperlukan strategi dan misi yang jelas serta terarah.

Realita dilapangan atau dunia real, bahwa selisih usia itu bukan faktor penentu kesuksesan sebuah hubungan keluarga. Ada faktor lain selain umur. Kunci utama adalah kesadaran bahwa keluarga itu diibaratkan sebagai kendaraan yang sopir dan penumpangnya satu arah. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | Obat Kuat 123 | uniherba.com@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI