Seks Sehat Melalui Karakter Kondom di Pokemon-GO

Pokemon Go memang sudah mewabah hampir diseluruh bagian dunia. Dengan cara bermain yang unik yang mewajibkan si pemain untuk senantiasa bergerak menjadikan permainan ini lain dari permainan atau game biasanya.

Hal inipun tidak luput dari perhatian sebuah perusahaan atau organisasi Non Profit yang bernama Planned Parenthood yang menciptakan karater tidak resmi sebagai sarana memberikan edukasi kesehatan seks sedari dini. Organisasi Planned Parenthood melihat bahwa demam trend permainan Pokemon Go merupakan sebuah kesempatan untuk memberikan informasi pembelajaran kepada masyarakat tentang seks yang aman dan bahaya IMS ( Infeksi Menular Seksual ).

Planned Parenthood menciptakan karakter tidak resmi (unofficial) game Pokemon Go bernama Kondom N (kondom). Bentuk karakter tersebutpun tidak jauh-jauh berbeda dengan bentuk kondom. Hal ini dimaksudkan agar melalui permainan dan karakter tersebut dapat memberikan pengaruh langsung dan pengalaman khususnya bagi anak-anak muda dan remaja akan bahaya penyakit seks menular.

Organisasi Planned Parenthood melatih anak-anak muda usia 14-29 tahun untuk dapat membuat keputusan dan bertanggung jawab tentang kesehatan reproduksi dan seksual mereka. Untuk itu, mereka melibatkan penggemar Pokemon Go untuk mencegah risiko HIV/AIDS.

Dari data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, usia 13 hingga 24 tahun menyumbang hampir 20 persen dari semua infeksi HIV baru. Dan di usia tersebut menyebabkan hampir setengah dari 20 juta kasus baru PMS seperti klamidia, gonore, dan sifilis setiap tahun.

Direktur Asosiasi Komunikasi Planned Parenthood berbasis sexual health nonprofit Advocates for Youth  di Washington, D.C, Rachel Cooke menyampaikan bahwa; ““Anak muda itu haus akan informasi. Mereka ingin tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan bagaimana melindungi rekan-rekan mereka,” Cooke meyakini, hal ini penting karena banyak anak muda tidak diajarkan pendidikan seks sejak dini di sekolah. Akibatnya, internet adalah sumber utama informasi tentang kesehatan seksual.

Tidak semua memberikan respon positif terhadap apa yang dilakukan oleh organisasi tersebut, tetapi Cooke menekankan bahwa konten seks yang aman di permainan tersebut akan disesuaikan dengan usia dan tidak akan membicarakan tentang seks yang tidak pantas/vulgar.

Memang, seks yang sehat itu ;diawali dengan pendidikan seksual bagi anak-anak yang beranjak remaja. Masa remaja adalah suatu tahap dalam perkembangan di mana seseorang mengalami perubahan-perubahan yang labil dan dramatis, salah satunya saat menjadi makhluk seksual. Perubahan-perubahan tersebut terutama ditandai oleh perkembangan karakteristik seks primer dan seks sekunder. Perkembangan karakteristik seksual menyebabkan perkembangan perilaku seks seperti ketertarikan dan keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Hal ini tentunya wajar, namun perilaku seks dapat menjadi masalah jika dilakukan secara tidak sehat dan bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana agar hal-hal di atas tidak terjadi? Pendidikan seks yang komprehensif jawabannya. Pendidikan seksual seharusnya diberikan kepada seseorang sebelum menginjak usia remaja. Pendidikan seks juga tidak hanya sekadar HIV dan infeksi menular seksual, tapi juga termasuk pengetahuan terkait orientasi seksual, identitas gender dan ekspresi gender. Hasil terpenting dari pendidikan ini adalah bagaimana setiap orang mampu bertanggung jawab atas tubuhnya sendiri.dan.menghormati dan menghargai tubuh atau seksualitas orang lain.

 

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | Obat Kuat 123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI