Pengertian Kanker Testis dan Bahayanya Bagi Kehidupan Seksual

Kanker testis merupakan jenis kanker yang cukup langka. Kanker testis ini paling sering dialami pada  pria dengan rentan usia 15-49 tahun. Penyebab Kanker testis terjadi pada saat sel-sel mulai tumbuh secara abnormal pada bagian testis.

Testis atau yang dikenal sebagai gonad, merupakan sepasang kelenjar jantan yang dimiliki oleh seseorang pria. Adanya testis bukanlah merupakan penghias semata, melainkan "testis" memiliki fungsi sebagaimana dengan organ-organ lainnya, dimana testis mempunyai fungsi memproduksi dan menyimpan air mani atau sperma dan merupakan sumber utama dari hormon pria atau testosteron. Hormon testosteron inilah yang akan mengontrol perkembangan organ reproduksi dan lainnya.

Beberapa jenis-jenis kanker testis dikelompokkan berdasarkan jenis sel kanker, yaitu:

  • Kanker testis sel nutfah (Germ Cell). Jenis dari kanker testis yang paling umum., sekitar 95 persen dari semua kasus yang ada. Sel nutfah adalah jenis sel yang digunakan tubuh untuk membentuk sperma. Kanker testis jenis ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu seminoma (pertumbuhan dan penyebaran lambat) dan nonseminoma (pertumbuhan dan penyebaran cepat).
  • Limfoma. Jenis kanker yang muncul sekitar 4 persen dari keseluruhan kasus testis yang muncul.
  • Tumor sel Leydig. Jenis kanker yang muncul sekitar 1-3 persen dari seluruh kasus kanker testis.
  • Tumor sel Sertoli. Jenis kanker yang muncul sekitar 1 persen dari seluruh kasus kanker testis.

Apa Saja Gejala dari Kanker Testis

Berikut ini adalah gejala-gejala yang terkait dengan kanker testis, yaitu:

  • Benjolan atau pembengkakan di salah satu testis. Ini merupakan gejala yang paling umum terjadi akibat kanker testis. Benjolan dan pembengkakan bisa dengan atau tanpa disertai nyeri.
  • Rasa sakit yang tajam ataupun rasa pegal pada bagian testis dan skrotum. Rasa ini bisa datang dan pergi.
  • Skrotum Anda akan terasa berat.
  • Anda akan merasa kelelahan dan badan terasa tidak sehat.
  • Penimbunan cairan di dalam skrotum.
  • Tidak ada gejala sama sekali.

Diagnosis

Diagnosis dilakukan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan:

- USG skrotum
- Pemeriksaan darah untuk petanda tumor AFP (alfa fetoprotein), HCG (human chorionic gonadotrophin) dan LDH (lactic dehydrogenase).
Hampir 85% kanker non-seminoma menunjukkan peningkatan kadar AFP atau beta HCG.
- Rontgen dada (untuk mengetahui penyebaran kanker ke paru-paru)
- CT scan perut (untuk mengetahui penyebaran kanker ke organ perut)
- Biopsi jaringan.


Ada beberapa cara pencegahan dan pengobatan bagi penderita kanker Testis. Untuk mencegah munculnya kanker Testis yaitu dengan memulai pola hidup sehat salah satunya dengan menghilangkan kebiasaan merokok. konsumsi buah-buahan yang bagus bagi kesehatan alat reproduksi pria, berikut beberapa contohnya :

Manggis

Buah Manggis memiliki khasiat anti oksidan yang  bagus bagi tubuh. kulit manggis juga diyakini mampu membunuh sel-sel kanker dengan cara merebus dan meminumnya. oleh karena itu mengkonsumsi buah manggis dan memanfaatkan kulitnya sangat baik untuk penderita kanker testis.

Jeruk Bali
Jeruk bali kaya akan vitamin C. Senyawa ini membantu untuk mencegah pembentukan senyawa nitrogen penyebab kanker. Mengkonsumsi satu buah jeruk bali sehari mampu mencegah munculnya berbagai jenis kanker termasuk kanker testis.

Apel
Satu buah apel sehari bermanfaat membuat tubuh Anda kebal terhadap serangan penyakit. Konsumsilah apel merah sekali dalam seminggu untuk mencegah kanker secara alami. Kulit merah apel membantu dalam menghambat produksi protein pemicu kanker dan menekan respon tumor pada hormon. Oleh karena itu, apel merah sangat baik untuk pria dalam untuk mencegah kanker testis.

Mangga
Mangga adalah salah satu buah yang membantu mencegah kanker secara alami karena mengandung bahan alami aktif yang disebut tannin. Zat tanin bekerja untuk mencegah pembelahan sel kanker dalam tubuh.

Kiwi
Salah satu buah terbaik untuk mencegah kanker secara alami adalah kiwi. Buah ini merupakan gudangnya vitamin C. bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jeruk.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis atau lemon juga mengandung jumlah vitamin C yang tinggi. Pastikan Anda menyertakan jeruk nipis disetiap menu makanan yang Anda konsumsi. Bisa juga dengan membuatnya untuk jus atau es jeruk.

Alpukat
Buah Alpukat dapat mencegah kanker karena mengandung lutein, zat yang membantu untuk melawan kanker testis.

Pepaya
Buah ini kaya akan vitamin C yang mampu bekerja sebagai antioksidan, serta mengurangi absorsi nitrosamines (penyebab kanker) yang berasal dari makanan olahan. Pepaya juga mengandung asam folat yang berguna untuk mengurangi resiko terkena kanker testis.

Berry
Raspberry, strawberry, blueberry dan cranberry adalah beberapa jenis buah yang dapat mencegah kanker. Buah berry tersebut mengandung antioksidan yang disebut pterostilbene, yang berguna untuk membunuh serta mencegah sel-sel kanker membelah (menggandakan diri).

Delima
Buah delima mengandung asam ellagic yang tinggi. Asam ini merupakan jenis phytonutrient terbaru. Kehadiran asam ini telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Asam ini juga memiliki kekuatan untuk menonaktifkan senyawa penyebab kanker.

Tomat
Buah lain yang dapat mencegah kanker testis adalah tomat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tomat melindungi pria dari penyakit kanker testis. Tomat juga membantu memelihara DNA dalam sel, serta mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.

Anggur
Kulit buah anggur merah mengandung sumber yang kaya antioksidan yang disebut resveratrol. Antioksidan ini juga terdapat pada jus anggur dan anggur merah. Antioksidan ini bermanfaat untuk mereka yang mempunyai riwayat keturunan dengan penyakit kanker testis.

Buah Naga
Buah naga terbukti kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker testis. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi yang ada dalam buah naga juga berhasiat mencegah berbagai jenis penyakit lainnya.

Untuk mengetahui kondisi sesungguhnya terhadap keluhan pada testis sebaiknya memang diperiksakan pada dokter ahli dan dilakukan pengecekan secara intensif.

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | Obat Kuat 123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI