8 Cara Untuk Meningkatkan Kesuburan Anda

Jika Anda adalah sepasang suami istri yang sedang ingin mendapatkan keturunan, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan kesuburan Anda. Tingkat fertilitas pria dan wanita adalah faktor penting untuk menentukan potensi kehamilan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan. Berikut adalah 10 cara meningkatkan kesuburan Anda, agar kemungkinan hamil semakin besar.

1. Kendalikan Berat Badan Anda

Memiliki kelebihan berat badan atau gemuk dapat menunda waktu yang dibutuhkan wanita untuk hamil. William Gibbons, direktur divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Baylor College of Medicine, mengatakan berat badan sebelum hamil merupakan faktor kesuburan yang kerap diabaikan wanita. Menjaga berat badan yang sehat dapat meningkatkan kemungkinan konsepsi, masa di mana sel sperma menempel pada sel telur.

Dalam sebuah studi, peneliti mengevaluasi indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI) dari 2.112 wanita hamil. Berdasarkan penelitian tersebut, wanita yang memiliki indeks berat badan 25-35 sebelum hamil, membutuhkan waktu hamil lebih lama dua kali lipat dibanding wanita dengan indeks berat 18,5-24,9. Jika indeks BMI wanita kurang dari 18,5-24,9, maka di anggap kurang normal atau bahkan buruk.

2. Jaga Kondisi Sperma Anda

Menurut Dale McClure, presiden dari American Society for Reproductive Medicine, dengan mengganti celana dalam dengan celana boxer akan meningkatkan kesuburan pria. Maksudnya, jika pria ingin meningkatkan kesuburannya, jangan sering memakai celana ketat. Celana dalam yang ketat dapat meningkatkan suhu testis sehingga produksi sperma terganggu. Untuk merangkap celana panjang Anda, sebaiknya menggunakan celana boxer yang lebih longgar.

Pada intinya, mengontrol suhu testis harus dilakukan untuk menghindari gangguan produksi sperma. Jadi selain memakai celana ketat, pria juga harus menghindari mandi air panas, bekera ditempat yang panas,dan jangan terlalu sering bersepeda. Tekanan sedel sepeda dapat juga meningkatkan suhu testis pria.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian terbaru, radiasi laptop, ponsel, smartphone, dan barang elektronik lainnya dapat juga meningkatkan suhu testis. Jika pria ingin menjadi seorang ayah, disarankan tidak memangku laptop saat menggunakannya dan meletakkan handphone atau smartphone di saku celananya.

3. Perhatikan Minuman Anda

Minum kopi terlalu banyak atau terlalu banyak alkohol dapat mengganggu kesuburan.

Para ahli mengatakan bahwa minum lebih dari lima cangkir kopi sehari, setara dengan sekitar 500 miligram kafein. Ini dapat menyebabkan kemandulan. Sehingga, jika Anda adalah pasangan yang ingin mendapatkan kehamilan, sebaiknya hindari kopi, atau paling tidak kurangi frekuensi minumnya. Cukup minum kopi secangkir sehari tidak mempengaruhi kesuburan Anda.

Selain kopi, alkohol juga dapat mempengaruhi kesuburan Anda, baik pria maupun wanita. Para peneliti swedia menemukan orang yang sering minum alkohol, memiliki tingkat kesuburan 60% lebih rendah di banding pasangan yang non-alkohol. Khususnya wanita, mengkonsumsi alkohol saat hamil dapat mengakibatkan bayi cacat lahir.

4. Berhenti Merokok

Merokok tembakau maupun ganja dapat secara signifikan merusak kesuburan pria dan wanita. Merokok mempengaruhi reseptif rahim ke sel telur. Dan pada pria, merokok dapat mengurangi produksi sperma dan kerusakan DNA. Para ahli juga sangat menyarankan berhenti merokok sebelum Anda hamil. Merokok saat hamil meningkatkan risiko keguguran.

5. Menentukan Waktu yang Tepat Untuk Seks

Richard Paulson, kepala divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di University of Southern California Keck School of Medicine, mengatakan bahwa jika pasangan ingin mendapatkan kehamilan, sebaiknya berhubungan seks pada masa subur istrinya. Waktu subur atau waktu ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi. Jika Anda ragu, dapatkan alat prediktor ovulasi di toko kesehatan.

6. Tingkatkan Frekuensi Berhubungan Seks

Menunda bercinta atau istilahnya “menabung ejakulasi” tidak akan meningkatkan kemungkinann hamil, kata McClure.

Pada pria, tidak ejakulasi sekitar satu minggu memang dapat meningkatkan jumlah sperma, namun motilitas sperma akan turun. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk bergerak maju menuju sel telur. Terlalu sering berhubungan seks juga dapat menurunkan jumlah sperma dan menyebabkan sperma encer. Idealnya, lakukan seks dua atau tiga kali sehari secara rutin. Agar jumlah dan motilitas sperma dapat seimbang sehingga mampu mencapai dan membuahi sel telur.

7. Lebih Bijak Dalam Memilih Pelumas

“Jika diperlukan memakai pelumas saat berhubungan seks tidak menjadi masalah”. Kata McClure. Hanya saja Anda harus bijak dalam memilih pelumas. Pilihlah pelumas yang berkualitas. Pastikan untuk menghindari produk yang mengandung spermisida. Jangan juga gunakan pelumas berbahan dasar air. Pelumas berbasis air, seperti Astroglide, KY Jelly, dan Touch, dapat menghambat motilitas sperma sebesar 60% hingga 100%.

8. Hindari Pestisida dan Zat Berbahaya Lainnya

Paparan pestisida, terutama pestisida pertanian, dapat membahayakan kesuburan pria dan wanita. Dan paparan beberapa pelarut dan racun, termasuk yang digunakan dalam bisnis percetakan dan perusahaan dry cleaning dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Selain menggunakan 8 cara di atas, khusus pria, kesuburan dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi suplemen herbal yang bekerja dengan meningkatkan jumlah dan fungsi sperma. Untuk mendapatkan kesuburan dan membuat pasangan hamil, Anda dapat menggunakan SCOUNT atau SCOUNT, atau juga kombinasi keduanya. SCOUNT adalah produk herbal yang berfungsi meningkatkan jumlah sperma sedangkan SCOUNT adalah obat herbal untuk mengentalkan air mani.