6 Cara Alami Meningkatkan Hormon Testosteron

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan tingkat testosteron Anda, mulailah dengan mengubah kebiasaan Anda sehari-hari. "Saya tidak pernah meresepkan testosteron sendiri tanpa berbicara dengan pria tentang gaya hidup mereka," ujar Martin Miner, MD, co-direktur Pusat Kesehatan Pria di Rumah Sakit Miriam di Providence, Rhode Island, USA.

Beberapa perubahan yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan juga bisa memberikan manfaat dalam membantu untuk mempertahankan tingkat testosteron yang sehat.

1. Tidur yang Cukup

George Yu, MD, seorang profesor urologi di Medical Center George Washington University di Washington, DC, mengatakan bahwa bagi banyak pria dengan testosteron rendah, kurang tidur adalah faktor yang paling penting. Kurangnya tidur mempengaruhi berbagai hormon dan bahan kimia dalam tubuh Anda. Jika ini terus terjadi maka dapat berdampak buruk pada testosteron Anda.

Jadikan tidur sebagai prioritas. Tidurlah selama 7 sampai 8 jam per malam. Hadiah tidur Anda, seperti hadiah diet sehat dan gaya hidup aktif. Ini yang penting kesehatan Anda, khususnya kesehatan seksual.

2. Jaga Berat Badan Anda

Pria yang kelebihan berat badan atau obesitas sering memiliki kadar testosteron rendah, kata Alvin M. Matsumoto, MD, dari University of Washington School of Medicine di Seattle.

Bagi pria, menurunkan berat badan agar ideal dapat meningkatkan kadar testosteron, katanya. Demikian juga, untuk pria yang kurus, mendapatkan berat badan Anda ke tingkat yang sehat juga dapat memiliki efek positif pada hormon testosteron.

3. Tetap Aktif Secara Fisik

Testosteron menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda, Yu mengatakan. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda berbaring di sofa, fungsi organ tubuh, otot, dan tulang akan terganggu, termasuk fungsi organ dalam pelepasan hormon testosteron.
Untuk mendapatkan vitalitas pria Miner menyarankan untuk melakukan latihan berikut secara disiplin.

  • Berjalan cepat setidaknya 10 sampai 20 menit sehari.
  • Membangun kekuatan dengan beberapa sesi angkat beban atau karet gelang setiap minggu. Bekerja dengan pelatih untuk belajar cara latihan yang tepat sehingga Anda tidak melukai diri sendiri.

Jangan olahraga berlebihan. Jumlah ekstrim latihan ketahanan, seperti yang dilakukan para atlet profesional, dapat menurunkan testosteron Anda.

4. Kendalikan Stres Anda

Jika Anda sedang stres konstan, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon stres kortisol. Ketika hal itu terjadi, produksi testosteron juga terganggu. Jadi, mengendalikan stres sangat penting untuk menjaga testosteron Anda.

Saran Miner, untuk menjaga kondisi mental Anda, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut:

  • Kurangi jam kerja yang panjang. Jika Anda harus banyak kerja lembur, cobalah untuk mengurangi hari kerja Anda turun ke 10 jam atau kurang.
  • Menghabiskan 2 jam sehari pada kegiatan yang Anda suka yang yang tidak melibatkan aktifitas fisik, seperti membaca atau bermain musik.

5. Perhatikan Obat yang Anda Konsumsi

Beberapa obat dapat menyebabkan penurunan tingkat testosteron Anda, kata Matsumoto mengatakan. Ini termasuk:

  • Obat opioid seperti fentanyl, MS Contin, dan OxyContin
  • Obat glukokortikoid seperti prednison
  • Steroid anabolik digunakan untuk membangun otot dan meningkatkan kinerja atletik

Anda tidak harus berhenti mengkonsumsi obat Anda. Jika Anda khawatir tentang tingkat testosteron Anda, diskusikan obat-obatan Anda dengan dokter untuk memastikan mereka tidak masalah, dan untuk melakukan penyesuaian terhadap pengobatan Anda jika diperlukan.

6. Konsumsi Supemen herbal

Mengapa herbal? Suplemen herbal dipercaya lebih aman daripada harus menggunakan obat kimia untuk meningkatkan testosteron. Suplemen herbal terbuat dari bahan alami yang dapat menjadi afrodisiak alami untuk meningkatkan testosteron. Untuk mendapatkan suplemen herbal berkualitas tinggi silahkan klik di sini.