10 Faktor Penyebab Buruknya Kualitas Sperma

Kualitas sperma menentukan kesuburan pria. Untuk mengetahui tingkat kesuburannya, pria harus menjalani tes kesuburan dan melakukan analisis sperma di laboratorium. Sperma dikatakan berkualitas jika memenuhi standar normal kualitas sperma yang bisa membuahi sel telur dan menyebabkan wanita hamil.

Faktor Penyebab Buruknya Kualitas Sperma

Gaya hidup dan asupan nutrisi adalah faktor utama yang mempengaruhi kesehatan sperma. Jenis makanan, kegiatan sehari-hari dan pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab buruknya kualitas sperma. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan 10 faktor penyebab buruknya kualitas sperma berikut ini :

1. Obat-obatan Terlarang

Segala jenis obat-obatan terlarang seprti narkoba, ganja, kokain, dan sebagainya dapat menyebabkan pria mengalami impotensi dan buruknya kualitas sperma sehingga tidak mampu membuahi sel telur wanita.

2. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol baik dalam skala berat ataupun ringan tetap dapat mengganggu sitem saraf. Alkohol juga dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan impotensi. Selain itu, alkohol juga dapat melemahkan zat penyusun sperma sehingga sperma yang dihasilkan buruk atau tidak berkualitas.

3. Penggunaan Steroid

Steroid adalah semacam hormon yang biasanya digunakan untuk suplemen fitness. Selain dapat menyebabkan efek samping berbahaya seperti kerusakan hati, meningkatkan kadar koleterol buruk (LDL), rambut rontok, masalah ginjal, dan masalah pertumbuhan, berdasarkan penelitian, steroid juga dapat menyebabkan buruknya kualitas sperma dan menyebabkan pria menjadi mandul atau tidak subur.

4. Olahraga Terlalu Keras

Olahraga yang terlalu keras atau overdosis dapat meningkatkan suhu tubuh, terutama di daerah skortum dimana testis tinggal. Peningkatan suhu terus menerus pada skortum membuat produksi sperma terganggu dan sperma yang yang dihasilkan juga berkualitas buruk.

5. Makanan Bergizi Rendah

Kurangnya nutrisi atau kurangnya kandungan gizi dalam asupan nutrisi dapat menyebabkan kualitas sperma menurun. Ini disebankan kurangnya asupan selenium, seng, dan mangaan dalam makanan. Kekurangan zat-zat tersebut dapat menyebabkan buruknyak kualitas sperma.

6. Kekurangan Vitamin C

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, terutama sistem reproduksi pria. Kekurangan vitamin C dalam menu makanan sehari-hari dapat menyebabkan buruknya kualitas sperma sehingga membuat pria tidak subur atau mandul.

7. Merokok

Merokok menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga zat-zat yang berguna bagi pembentukan zigot (sel sperma) akan terhambat. Inilah yang menjadi penyebab pria pecandu rokok mengalami impotensi dan memiliki kualitas sperma yang sangat buruk.

8. Lingkungan

Lingkungan juga menentukan buruknya kualitas sperma. Lingungan kerja yang berbahaya seperti labiratorium kimia dapat menyebabkan rusaknya sperma. Radiasi komputer dan alat elektronik juga bisa menjadi penyebab buruknya kualitas sperma.

9. Obat-Obatan Antibiotik

Buruknya kualitas sperma juga bisa diakibatkan efek samping penggunaan antibiotik. Penggunaan obat-obatan antibiotik, seperti anti-infeksi, dalam waktu yang lama dapat menyebabkan buruknya kualitas sperma dan kemandulan.

10. Celana Terlalu Ketat

Seperti yang kita ketahui, suhu terlalu panas pada daerah skortum dapat mengganggu produksi sperma. Celana ketat dan terbuat dari bahan kain tebal (misalnya jeans) akan membuat daerah skortum menjadi panas. Suhu terlalu panas akan menghasilkan sperma dengan kualitas buruk.

Untuk menjaga kualitas sperma Anda, sebaiknya Anda menjaga pola makan dan mengubah kebiasaan hidup Anda. Olahragalah secara teratur jangan terlalu keras. Hindari juga alkohol, merokok, dan stres. Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan buruknya kualitas sperma.

Selain menjaga hidup sehat, minumah herbal untuk memperbaiki buruknya air sperma juga wajib Anda coba. Sement Count adalah kapsul herbal yang secara alami memperbaiki kwalitas air sperma Anda.