10 Efek Testosteron Rendah


Testosteron adalah androgen utama pada pria (hormon seks pria). Kadar testosteron menentukan perkembangan organ reproduksi pria. testosteron juga mempromosikan karakteristik seksual sekunder seperti peningkatan otot, massa tulang, dan pertumbuhan rambut tubuh. Selain itu, hormon ini sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan serta pencegahan osteoporosis.

Rata-rata pria dewasa, konsentrasi plasma testosteron sekitar 7-8 kali lebih besar dari konsentrasi dalam plasma wanita dewasa. Pada wanita, konsentrasi testosteron hanya dihasilkan 30% oleh ovarium dan sisanya dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Itulah mengapa badan pria rata-rata lebih besar daripada wanita. Karena fungsi pentingnya, maka kekurangan hormoin testosteron dapat menyebabkan beberapa masalah. Setidaknya ada 10 efek tubuh terhadap kekurangan hormon testosteron.

1. Testosteron Rendah Menyebabkan Penurunan Energi

Kelelahan adalah efek umum dari testosteron rendah. Anda mungkin akan merasa tidak memiliki energi seperti biasanya atau Anda merasa sangat lelah. Bukan hanya testosteron rendah, hal lain juga bisa menguras energi Anda, termasuk penuaan normal dan depresi.

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Cobalah untuk tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam.

2. Testosteron Rendah Menyebabkan Perubahan Kehidupan Seks

Penurunan gairah seks Anda dapat disebabkan oleh testosteron rendah, bahkan dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Sebenarnya testosteron rendah bukan satu-satunya alasan memiliki disfungsi ereksi. Masalah medis seperti penyakit jantung dan diabetes adalah penyebab umum dari disfungsi ereksi. Hanya saja, kondisi medis tersebut juga mengganggu pelepasan hormon testosteron sehingga menambah risiko disfungsi ereksi.

Baca : Testosteron Rendah Dapat Mempengaruhi Kehidupan Seks Pria

3. Testosteron Rendah Menyebabkan Perubahan Konsentrasi

Testosteron rendah dapat merusak fokus mental dan memori. Anda mungkin lupa apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan dan sulit berkonsentrasi. Hal ini terjadi lebih sering ketika kadar testosteron sangat rendah.

Untuk mengatasinya, ambillah langkah-langkah untuk mengurangi stres. Cobalah meditasi, yoga, olahraga, atau pijat. Semakin sedikit hormon stres yang diproduksi, semakin banyak testosteron yang diproduksi.

4. Testosteron Rendah Menyebabkan Perubahan Mood

Testosteron rendah dapat membuat mood Anda turun atau bahkan menuju titik depresi. Anda seperti tidak ingin melakukan apa-apa, termasuk rutinitas atau hal-hal yang menyenangkan. Ini termasuk kurangnya minat untuk berhubungan seks. Sehingga depresi dan testosteron rendah adalah kombinasi yang membahayakan untuk kemampuan ereksi pria.

Testosteron rendah dan depresi dapat diatasi bersamaan dengan Natural Gain, obat kuat herbal khusus pria yang mengalami masalah psikologis, seprti stres dan depresi. Obat ini bekerja ganda dengan mempengaruhi otak agar lebih rileks dan meningkatkan homon testosteron. Selain itu, kemampuan ereksi Anda juga akan lebih kuat dan tahan lama.

5. Testosteron Rendah Menyebabkan Perubahan Otot

Karena testosteron membantu membangun otot, menentukan masa, dan kekuatan otot, maka kekurangan hormon tersebut dapat berdampak pada lemahnya otot. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar testosteron Anda. Pastikan untuk beraktifitas secara fisik dan melakukan beberapa angkat berat.

6. Testosteron Rendah Menyebabkan Penumpukan Lemak Tubuh

Tidak hanya kehilangan otot, Anda juga bisa meningkatkan kadar lemak karena testosteron rendah. Jika Anda tidak membangun otot dengan kalori yang Anda ambil dan aktivitas fisik yang Anda lakukan, maka tubuh Anda mengubah kalori menjadi lemak.

Makan makanan yang sehat serta menurunkan berat badan dan lemak tubuh dengan diet ekstra, Anda mungkin kehilangan beberapa otot. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh Anda dapat membuat lebih banyak testosteron saat Anda menurunkan berat badan. Ini akan membantu Anda mendapatkan massa otot yang hilang.

7. Testosteron Rendah Menyebabkan Penipisan Rambut di Tubuh

Testosteron rendah dapat menyebabkan Anda kehilangan beberapa rambut wajah, rambut kemaluan, dan rambut di lengan dan kaki bagian bawah. Namun biasanya ini tidak mempengaruhi rambut di kepala, meski ada kemungkinan.

Tetapi satu hal yang harus Anda ketahui, Ada hubungan antara terapi suntik testosteron dan dengan kebotakan rambut kepala. Bicarakan dengan dokter tentang efek samping pengobatan testosteron sebelum Anda mengambilnya.

8. Testosteron Rendah Menyebabkan Osteoporosis

Testosteron rendah telah dikaitkan dengan osteoporosis, penyakit yang melemahkan tulang. Untuk menjaga tulang Anda sehat, hindarilah rokok, kurangi alkohol, dan olahraga teratur, termasuk latihan beban.

9. Testosteron Rendah Menyebabkan Masalah Tidur

Ketika kadar testosteron rendah, Anda mungkin mengalami masalah dengan insomnia dan gelisah di malam hari. Untuk membantu mendapatkan tidur malam yang baik, tetapkanlah jadwal tidur Anda dan jangan melanggarnya. Kalaupun ada hal penting yang membuat Anda melanggar jadwal tidur, gantilah tidur Anda di waktu lain. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan. Buatlah kamar tidur Anda gelap, tenang, dan nyaman, dan hanya menggunakannya untuk tidur dan bercinta.

10. Testosteron Rendah Menyebabkan Masalah Pekerjaan

Jika pekerjaan Anda atau kehidupan rumah tangga telah berubah secara dramatis menjadi buruk, pemeriksaan medis penuh mungkin bisa membantu menemukan penyebabnya. Sebuah tes darah dapat menunjukkan apakah Anda memiliki tingkat testosteron rendah. Jika Anda memiliki testosteron rendah, perubahan gaya hidup yang sehat terapi testosteron mungkin cara yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.